Jakarta –

Read More : Duh! Hampir 53.000 Orang Jadi Korban PHK

Promosi atau gratis ongkos kirim menjadi salah satu faktor utama dalam berbelanja online. Faktanya, gratis ongkos kirim kini seolah menjadi promosi yang ditawarkan toko online.

Studi We Are Social & Meltwater “Digital 2024: Indonesia” menunjukkan bahwa pengiriman gratis adalah salah satu dari tiga alasan utama orang Indonesia berbelanja online.

Sementara itu, “Laporan Pasar Logistik E-Commerce Asia Tenggara” dari Package Monitor, yang berfokus pada wilayah Indonesia, Singapura, Thailand, dan Malaysia, menyebutkan 91% pembeli bersedia membayar Pemenuhan untuk memenuhi persyaratan minimum pengiriman gratis lagi

Tak heran jika berbagai platform e-commerce di Indonesia kini kerap menawarkan program gratis ongkos kirim. Beberapa di antaranya adalah Shopee yang memiliki promosi gratis ongkir, Tokopedia yang terkenal dengan promosi gratis ongkirnya, dan Lazada yang juga menawarkan promosi gratis ongkir.

Pengiriman gratis adalah investasi jangka panjang bagi penjual

Selain memanjakan pembeli, kehadiran iklan gratis ongkir juga memberikan efek positif bagi penjual.

Hero Sutadi, Direktur Eksekutif ICT Indonesia Institute, menilai keikutsertaan penjual dalam program gratis ongkir merupakan investasi jangka panjang untuk mendorong transaksi penjualan.

“Saat ini persaingan e-commerce sangat ketat. Jika kita perhatikan, salah satu persaingan yang ada untuk membeli produk dan kualitas yang sama adalah biaya pengiriman. “Ongkos kirim menjadi faktor kompetitif bagi penjual,” kata Herro dalam keterangannya, Jumat (12/7/2024).

Hero menambahkan, investasi pada iklan gratis ongkos kirim juga akan menjadi dukungan penting bagi penjual di masa depan untuk menjaga loyalitas pembeli dan meningkatkan penjualan.

“Karena harus ada nilai minimal untuk dapat gratis ongkir tidak masalah, yang penting ada gratis ongkir karena masyarakat suka gratis ongkir,” jelasnya.

Saat ini, operator e-commerce Indonesia telah menjadikan promosi gratis ongkos kirim sebagai salah satu program promosi terbaik yang dapat diikuti oleh para penjual e-commerce. Beberapa perusahaan e-commerce bahkan mempublikasikan informasi tentang program pengiriman gratis.

Berdasarkan situs resmi Lazada, pusat pelatihan penjual Shopee, dan kepedulian Tokopedia, program gratis ongkir e-commerce ini bertujuan untuk membantu penjual meningkatkan penjualan. Namun, di situs e-commerce mana pun, penjual bebas memutuskan apakah akan bergabung atau tidak. Jika Anda memilih Perusahaan, vendor akan dikenakan biaya layanan aplikasi.

Tawaran program gratis ongkos kirim mendapat respon positif dari para penjual. Iskandar, salah satu pedagang e-commerce UMKM yang menjual produk perawatan mobil di e-commerce, mengatakan layanan gratis ongkos kirim turut mendongkrak penjualannya.

“Program gratis ongkir yang kami ikuti sangat membantu meningkatkan penjualan perusahaan kami. Biaya yang dikeluarkan untuk program gratis ongkir sesuai dengan biaya investasi perusahaan untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Tonton video “Cash on delivery dikenakan pembayaran” (anl/ega).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *