Jakarta –

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Perusahaan (PANRB) Abdullah Azwar Anas hari ini, Senin (24/6/2024) meluncurkan 15 Perusahaan Pengadaan Publik (MPP). 15 kabupaten tempat MPP baru didirikan sebagian besar berada di Pulau Sumatera.

Dengan diresmikannya 15 MPP baru ini, maka jumlah MPP yang tersebar di seluruh Indonesia akan mencapai 206 MPP. Menteri yang akrab disapa Anas ini mengatakan, MPP merupakan salah satu komitmen untuk meningkatkan pelayanan publik di Tanah Air.

“Atas perintah Presiden (Jokowi) kita diminta kerja efektif. Proyek jangka panjang tidak efektif, Presiden minta kita potong,” kata Anas, di sela-sela panitia bersama MPP 2024 di Sheraton. Grand Jakarta, Senin (24/6/2024).

Sudah diputuskan ada 17 kabupaten yang akan dicanangkan PMP. Namun karena gubernur daerah yang bersangkutan tidak hadir, maka peluncurannya ditunda karena total ada 15 PMP yang akan diluncurkan hari ini.

Anas juga meminta agar jajaran lembaga PANRB dapat melakukan audit setiap 6 bulan sekali terhadap pelaksanaan MPP. Menurutnya, pekerjaan adalah kunci birokrasi. Ia pun mencontohkan saat ia masih menjabat sebagai Wakil Presiden Banyuwangi, ketika tingkat kepuasan masyarakat meningkat karena efektivitas dan efisiensi kantor.

“Selamat. Saatnya dikirimkan karena pelayanan publik adalah landasan pemerintahan ini. Penyelesaian birokrasi adalah pelayanan publik. Jadi saya berharap pihak berwenang melakukan survei setiap 6 bulan sekali oleh lembaga penelitian, mungkin kepuasan masyarakat akan meningkat. meningkat setelah MPP diluncurkan,” ujarnya.

“Saat saya jadi bupati, salah satu yang saya buat adalah MPP, kepuasan masyarakat naik 92 persen dengan MPP dan layanan online yang kami buat, dengan program pengumpulan sepak bola dan sebagainya,” lanjutnya.

Sementara itu, Plt. Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum PANRB Akik Dwi Subarto mengatakan MPP merupakan strategi peningkatan pelayanan publik secara berkelanjutan. Jika ditambah dengan 60 MPP digital yang sudah ada, maka di Indonesia terdapat 229 provinsi/kota yang memiliki MPP atau 45% dari seluruh provinsi/kota di Indonesia.

“Acara hari ini ada 15 gubernur yang sudah membentuk MPP dan siap diluncurkan,” kata Akik.

Akik menyampaikan, Kabupaten Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan kawasan MPP terlengkap, dimana 100% kabupaten/kota terdapat MPP. Kemudian urutan kedua Jawa Tengah 94%, Banten 88%, Jawa Timur 76%, Jawa Barat 67%, Kalimantan Selatan 63%, Sulawesi Selatan 63% dan Bengkulu 60%. diluncurkan pada hari ini, antara lain:

1. MPP Kabupaten Labuhan Batu Utara2. MPP Kabupaten Tanah Data3. MPP Kabupaten Kampar4. MPP Kabupaten Muaro Jambi5. MPP Kabupaten Rejang Lebong6. MPP Kabupaten Bogor7. MPP Kabupaten Indramayu8. MPP Kabupaten Jombang 9. MPP Kabupaten Mojokerto10. MPP Kabupaten Bima11. MPP Kabupaten Timor Tengah Selatan12. MPP Kabupaten Gunung Mas13. Tombol MPP Kabupaten14. MPP Kabupaten Kolaka15. MPP Kabupaten Luwu (shc/kil)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *