Jakarta –

Bisnis logistik di Indonesia saat ini semakin berkembang. Persaingan juga semakin ketat karena semakin banyak perusahaan forwarding di Indonesia.

Padahal, potensi pasar di Indonesia saat ini sangat besar, apalagi e-commerce saat ini semakin menjanjikan. Alhasil, PT Nusantara Card Semesta (NCS) berinovasi memberikan layanan yang dibutuhkan masyarakat.

Reni Sitawati Siregar, Direktur Jenderal NCS, mengatakan pelanggan kini semakin membutuhkan layanan yang lebih spesifik dan tidak hanya sekedar pengiriman barang, paket, atau dokumen. .

Jasa pindahan atau pindahan pertama, baik Pindahan Superstore (mall), Pindahan Office (kantor), hingga Pindahan Pribadi (rumah dan apartemen).

“Pelayanan ini didukung dengan sistem teknologi informasi sehingga proses perpindahan dapat dengan mudah dipantau dan terjamin mutu serta keamanannya,” jelas Reni dalam siaran pers yang ditulis, Senin (7/8/2024).

Perpindahan ini dapat melayani jarak pendek hingga jauh, seperti antar kota, antar provinsi, dan antar pulau.

Berikutnya adalah layanan angkutan barang, baik melalui darat maupun udara. Dari sekian banyak jenis kargo yang ada saat ini, NCS sudah melayani kargo umum dan barang berbahaya. Pihaknya mengelola pengiriman minyak yang termasuk dalam kategori barang mudah terbakar (flammable chemical) ke berbagai kota di Indonesia.

Ketiga adalah layanan Warehouse Fulfillment yaitu menyewakan gudang untuk menyimpan barang hingga diantar ke tempat tujuan. “Saat ini NCS memiliki lebih dari 150 unit penyimpanan yang tersebar di seluruh Indonesia,” tambah Reni.

Terakhir, NFD atau Nusantara Food Delivery, layanan pesan-antar makanan halal beku siap masak dan siap santap. Reni menjelaskan NFD lahir sebagai jawaban atas kebutuhan pelanggan yang menginginkan makanannya tetap segar saat sampai di tujuan.

Sebagai bagian dari rencana jangka panjang untuk mengembangkan bisnis penyimpanan dan pengiriman makanan, NCS saat ini juga bermitra dengan Fresh Factory, sebuah bisnis rantai pasokan dan penyimpanan dingin.

“Kami mengembangkan layanan distribusi pengiriman cold chain, sistem distribusi logistik bersuhu rendah dengan solusi lengkap bagi mitra, mulai dari pengelolaan gudang, pengemasan, pengiriman ke pelanggan hingga persiapan pengiriman yang akan dilakukan oleh kurir,” kata Reni.

Kerja sama ini juga mengukuhkan Fresh Factory dan NCS sebagai penyedia pusat pemenuhan cold chain terbesar dalam menjangkau pelanggan yakni di hampir 200 titik di seluruh Indonesia.

Seluruh inovasi tersebut merupakan bagian dari strategi NCS untuk memperluas lini bisnisnya hingga beroperasi pada segmen ritel atau B2C (Business to Consumer).

“Setelah 30 tahun melayani segmen B2B, menyediakan rekening dan laporan bank, NCS kini telah bertransformasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan ritel dengan cara yang sama,” jelas Reni.

Mengusung tema “Transformation Last Mile & Fulfillment”, NCS ingin menjadi mitra strategis khususnya bagi seluruh pelaku UMKM di Indonesia, mulai dari proses penyimpanan hingga pengiriman produk ke konsumen. (baji/baji)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *