Jakarta —

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengumumkan Belanja Pemerintah Pusat (CGP) meningkat signifikan sejak pandemi Covid-19. Karena itu, partai Anda mendorong efisiensi atau penghematan belanja non-prioritas.

Isa Rachmatarwata, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, mengatakan berbagai tantangan ke depan masih kompleks. Oleh karena itu, partai Anda mengusulkan sejumlah kebijakan BPP, pertama efisiensi belanja nonprioritas.

“Jika ada peluang untuk melakukan belanja di luar prioritas nasional, kita perlu mencapai efisiensi yang sangat cepat sehingga kita dapat memastikan bahwa prioritas nasional menjadi pilihan yang lebih penting atau bermakna dibandingkan non-prioritas,” kata Issa pada pertemuan Dewan Kebijakan Pengeluaran AS. . Pemerintah Pusat. Panitia RAPBN 2025 dengan Kuasa Anggaran DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (25/06/2024).

Isa menemukan BPP meningkat signifikan, terutama sejak adanya pandemi COVID-19. Efisiensi belanja diharapkan dapat tercapai mulai tahun 2025.

“Kita coba normalisasi di tahun 2023, tapi di tahun 2024 karena ada pemilu dan sebagainya kita akan mengalami peningkatan lagi. Kita berharap pada tahun 2025, setelah pemilu selesai, kita bisa menyelenggarakannya dengan baik. lagi,” Isa menunggu.

“Dengan begitu, kita bisa lebih fokus pada pembangunan, pertumbuhan dan sebagainya, sekaligus memberikan perhatian yang cukup atau sebagian ketahanan kita terhadap kebutuhan stabilisasi,” tambahnya.

Usulan kedua yang menjadi panduan kebijakan belanja pemerintah di era Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka adalah belanja modal yang dirangsang untuk mendukung transformasi ekonomi. Ketiga, berupaya melakukan transformasi subsidi dan belanja perlindungan sosial secara tepat dan adil.

“Tujuan keempat adalah meningkatkan kualitas belanja untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” kata Isa.

Tonton juga videonya: Banggar DPR Tak Peduli Anggaran Makanan Bergizi yang Mencapai Rp 71 T

(bantuan/gbr.)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *