Jakarta –

Realme 12 5G hadir sebagai varian termurah dari Realme 12. Namun ponsel ini dibekali konektivitas 5G dengan tampilan terbilang premium.

Ya, tampilannya memiliki gaya desain yang sama dengan saudaranya. Misalnya modul kamera berbentuk bulat untuk menonjolkan kamera belakang, serta hadirnya fungsi Dynamic Button dan Mini Capsule yang merupakan seri pertama Realme Number. Ya, slogan ponsel ini adalah 108MP Clear Portrait Master.

Desain

Modul kamera belakang berbentuk bulat pada Realme 12 5G sama seperti saudaranya, mengadopsi detail dari jam tangan ternama bernama Polished Sunburst Dial.

Berikutnya pada bodi belakang memperlihatkan efek mengkilat dengan garis yang seolah membelah bodi ponsel menjadi dua di bagian tengahnya. Bodi belakangnya bisa berubah warna jika terkena cahaya.

Oh ya, soal dimensi, ketebalan bodinya 7,69 mm dengan bobot 188 gram. Bagi saya, Realme 12 5G ringan dan nyaman digenggam. Tampaknya efek tepian PVD yang dipoles pada bagian tepi bodinya lah yang membuat ponsel ini nyaman digenggam.

Dari segi daya tahan, terdapat sertifikasi IP54 pada Realme 12 5G yang membuatnya tahan terhadap debu dan cipratan air. Pengujian ponsel ini cukup intensif, misalnya uji jatuh 14 ribu dari ketinggian 10 cm dan uji ketahanan tombol hingga 200 kali ditekan.

Layar

Layar Realme 12 5G berukuran FHD+ 6,72 inci dengan kecepatan refresh dinamis hingga 120 Hz yang dapat menyesuaikan konten yang ditampilkan. Saat tidak digunakan, kecepatan refreshnya diturunkan menjadi 45 Hz. Ini merupakan fitur penting untuk menghemat konsumsi daya baterai.

Panel yang digunakan adalah IPS dengan tingkat kecerahan maksimal 950 nits yang menurut saya cukup untuk penggunaan outdoor. Menggunakan panel IPS ini membuat saturasi warna tidak terkesan berlebihan, setidaknya pada mode default. Namun jika diinginkan, terdapat mode warna lain yang dapat dipilih sesuai preferensi pengguna.

(asj/asj)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *