Jakarta –

Read More : Asmara Nikita Mirzani dengan Matthew Gilbert Pernah Disangka Gimmick

Karburator merupakan salah satu bagian penting pada sepeda motor. Tugasnya mengumpulkan udara dan mencampurkannya dengan minyak. Dengan begitu, bahan bakar akan mudah terbakar dan berubah menjadi energi.

Namun tidak jarang bagian ini mengalami masalah. Karburator dapat membakar bahan bakar dan menyulitkan menghidupkan mesin. Minyak yang tumpah juga membuang minyak. Lantas, bagaimana cara mengatasi penyebab dan solusi karburator bocor?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bahan bakar menetes dari karburator. Berikut penyebab dan cara mengatasi oli knalpot karburator dilansir Suzuki Indonesia.1. Perakitan Karburator Buruk

Karburator bisa macet karena perakitan yang buruk. Perakitan karburator yang salah setelah sepeda motor dioperasikan merupakan hal yang biasa terjadi. Umumnya kendaraan roda dua diproduksi di bengkel berkapasitas terbatas.

Perakitan yang salah dapat menyebabkan karburator melayang dan berhenti. Sehingga pelampung tidak dapat mengangkat jarum pelampung untuk menutup saluran bahan bakar ketika persediaan sudah penuh.

Untuk memperbaikinya, karburator harus dipasang ulang. Perakitan dan pemasangan karburator harus dilakukan di bengkel yang resmi dan terpercaya, untuk mencegah kesalahan tersebut.2. Jarumnya tidak melayang

Berdasarkan dokumen detikOto, floating injector yang tidak berfungsi dapat menyebabkan kebocoran bahan bakar dari karburator. Hal ini disebabkan karena ujung jarum pada dudukannya tidak tertutup rapat dan terdapat celah untuk keluarnya minyak.

Solusi yang mungkin dilakukan adalah dengan mengganti jarum apung dengan yang baru dan membersihkannya pada dudukannya. Selain itu, terdapat jarum yang dapat ditopang dengan piring atau pasir sehingga dapat dimasukkan lebih banyak.3. Lepaskan pelampung Karburator

Tangki bahan bakar mobil mengontrol jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang pelampung. Namun, bagian ini bisa mengalir.

Saat keluar, pelampung tidak bisa mengapung dan periksa level oli di ruang pelampung. Akibatnya, jarum apung juga kurang efisien.

Akibatnya minyak akan terus terbakar dan menyebabkan banjir. Jika hal ini terjadi maka karburator pelampung harus diganti dengan yang baru.4. Minyak minyak

Memiliki sistem pompa bahan bakar terbuka dan tertutup sehingga konsumsi bahan bakar dapat dikontrol. Namun katup yang rusak justru menyebabkan bahan bakar terus mengalir melalui karburator saat mesin sepeda motor dihidupkan. Akibatnya karburator kebanjiran.

Untuk mengatasinya, pompa bahan bakar bisa diganti dengan yang baru. Kerusakan pada bagian ini tidak dapat diperbaiki dengan cara lain apa pun.5. Jalur salurannya lemah

Karburator terhubung ke tabung gas. Biasanya kabel diamankan agar kelebihan minyak dapat disimpan di kompartemen ini.

Namun jika selang tidak dipasang dengan benar, bahan bakar akan bocor keluar dari karburator. Jadi minyaknya tidak terbuang sia-sia. Akibatnya pipa air bisa tersumbat.

Nah, itulah sederet penyebab dan cara mengatasi karburator bocor oli terus. Semoga ini membantu! Tonton video “Pencuri Sepeda Motor di Depok, Pelaku Tinggalkan Gorengan di TKP” (line/line)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *