Salomo –

Sesuatu yang tak terduga diketahui warga Desa Sadan, Desa Sampirade, Kapanion Melati, Suleiman. Saat menggali tanah untuk meletakkan pondasi, ia menemukan patung Ganesha.

Mayat ditemukan di kedalaman sekitar satu meter. Tinggi patung ini sekitar 83 cm.

Ditemukan pada hari Rabu (26/6/26) jam 11 siang dan (patungnya) tergeletak tengkurap, saya gali disana dan saya buka, saya kira itu batu biasa. Hal itu diungkapkan Noor Sarjiman (65 tahun) pada Jumat sore (28/6/2024) saat ditemui wartawan di lokasi proyek.

Sarjiman mengatakan, kail yang menggali tanah mengenai salah satu tangan patung hingga patah. Dijelaskannya, dari empat tangan patung, hanya satu tangan yang menempel. Dua tangan lainnya hilang saat pertama kali ditemukan.

“Ternyata lengannya patah, tangannya empat. Ya saya sambung, saya ingin tahu wajahnya seperti apa. Lalu ternyata dia ada di belakang gajah,” ujarnya.

Sejumlah batu berbentuk persegi juga ditemukan di tempat ditemukannya patung tersebut.

Di sebelahnya ada stupa berbentuk persegi panjang yang dilapisi batu persegi, kata Sarjiman.

Di antara sekian banyak lubang yang digali, hanya ditemukan satu patung dan beberapa batu lainnya dalam satu lubang. Kini patung tersebut disimpan di rumah pemilik tanah.

“Ditemukan hari Rabu dan ditemukan hari Kamis. Saya sendiri tidak bisa mengangkatnya dan enam diantaranya mengungsi,” kata Sarjiman.

Pemilik tanah, Mosliha, 46, mengaku ingin membangun rumah di lokasi tersebut.

Kami hendak memasang bangunan itu pada Selasa (25/6), lalu (patungnya) ditemukan pada Rabu (26/6) Sudah ditemukan dan langsung terlihat.

Mesile mengatakan, berdasarkan laporan warga sekitar, sebelumnya telah ditemukan patung di sekitar lokasi.

“Saya baru mendengar cerita dari warga dan sering ditemui di sana,” ujarnya.

Masileh saat ini sedang menunggu pihak yang berwenang untuk menemukan patung tersebut di tanahnya.

Saya tunggu cari tanah sekitar, ketemu atau tidak, tanahnya akan dibeli pemerintah untuk ganti rugi atau apalah, terus (membangun rumah). Sementara itu, “konstruksi akan dihentikan sekarang”.

Agen Pusat Perlindungan Kebudayaan Wilayah X saat ini sedang memantau patung tersebut.

____________________

Artikel ini telah tayang di detikJogja Saksikan video “Penemuan Patung Ganesha Langka di Dasar Rumah Sulaiman” (wkn/wkn).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *