Jakarta –
Read More : Misteri Ratu Kripto Hilang Bawa Rp 73 Triliun, Diduga Ada Mafia
Telkomsel kembali menawarkan asisten virtual bernama Ted, meski sebelumnya operator seluler ini sudah memiliki Veronica. Lalu apa perbedaan antara asisten virtual Ted dan Veronica?
Vice President Corporate Strategy, Innovation, Sustainability, dan Marketing Telkomsel Andra Diputra mengatakan Veronica hanya akan melayani segmen konsumen, sedangkan Ted dirancang khusus untuk segmen bisnis.
“Veronica ditujukan untuk konsumen. Jadi, pertanyaan apa pun yang dimiliki pelanggan tentang pengguna ditujukan ke Veronica. Nah, lain halnya dengan perusahaan, kami punya banyak solusi dan Ted akan membantu solusi yang diperlukan,” kata Andra di Jakarta.
Andra mengatakan Ted akan memfasilitasi pemberian nasehat maupun pertanyaan bagi para pebisnis yang ingin menerima solusi bisnis yang dikembangkannya.
Melalui Unit Bisnis Enterprise Telkomsel, Telkomsel merancang Ted sebagai Enterprise Digital Account Manager yang mengintegrasikan teknologi Generative AI (Gen AI) untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan bisnis Telkomsel dan Telkom Group.
Andra mengatakan Ted bisa melayani semua kalangan, mulai dari individu seperti UMKM hingga perusahaan besar yang mencari solusi bisnis. Asisten virtual ini dapat ditemukan dan diakses di telkomsel.com/enterprise.
Menariknya, Ted merupakan tipe pria yang jarang ditemui oleh asisten virtual lainnya, kebanyakan adalah wanita. Menurut Telkomsel, hal ini ada penjelasannya.
“Kami ingin memiliki pasangan seperti itu, Ted dan Veronica. Dulunya cewek, sekarang yang laki-laki metahuman,” kata Indira.
Ted saat ini masih dalam tahap awal pengembangan. Ted saat ini dapat menyediakan komunikasi suara-ke-suara, teks-ke-suara, dan obrolan.
Endra menambahkan, ke depannya Telkomsel akan terus mengembangkan kemampuan Ted agar dapat membantu pelanggan dengan lebih cepat dan akurat, mulai dari pengisian formulir lead, pengumpulan informasi interaksi pelanggan, dan pemberian rekomendasi prioritas untuk tindak lanjutnya. .
“Dengan dukungan end-to-end, baik kepada calon pelanggan maupun tim korporat Telkomsel sekaligus, Ted akan memastikan setiap pergerakan bisnis lebih fokus dan lebih fokus pada prospek,” tutupnya. Tonton video “Operator seluler khawatir dengan pergerakan Starlink di Indonesia” (agt/agt)