Jakarta –

Para pengunjuk rasa di Kenya berdemonstrasi menentang usulan RUU Keuangan (RUU). Aksi tersebut diwarnai kericuhan antara massa dan polisi.

Berdasarkan Reuters, polisi menembaki demonstran yang menyerbu gedung parlemen Kenya pada Rabu (26/6/2024). Asosiasi Medis Kenya mengatakan sedikitnya lima orang tewas akibat luka tembak dan 31 lainnya luka-luka.

Dalam lingkungan yang kisruh tersebut, para pengunjuk rasa berhasil mengalahkan dan mengejar polisi saat hendak memasuki gedung parlemen. Laporan Citizen TV menunjukkan bagian dalam gedung rusak dan ada pula yang terbakar. Setelah gas air mata dan meriam air gagal membubarkan massa, polisi melepaskan tembakan.

Menteri Pertahanan Kenya Aden Duale mengatakan partainya telah mengerahkan pasukan untuk membantu polisi melawan para pengunjuk rasa. Sebab, massa demonstrasi menimbulkan kekacauan dan merusak infrastruktur.

Protes dan bentrokan juga terjadi di sejumlah kota besar dan kecil lainnya di Kenya. Selain menolak kenaikan pajak, para pengunjuk rasa menuntut pengunduran diri Presiden Kenya William Ruto.

Kenya benar-benar berupaya membangun kembali perekonomiannya. Selain dampak jangka panjang dari pandemi COVID-19, ada sejumlah faktor lain yang memberikan tekanan pada perekonomian negara, seperti kekeringan selama dua tahun berturut-turut, perang di Ukraina, dan devaluasi mata uang.

RUU keuangan yang diajukan DPR bertujuan untuk memungut tambahan pajak sebesar USD 2,7 miliar atau setara Rp 44 triliun (kurs Rp 16.439). Langkah ini bertujuan untuk meringankan beban utang Kenya yang sangat besar, dimana pembayaran bunga saja menghabiskan 37% pendapatan tahunannya.

Kementerian Keuangan Kenya menyebut upaya tersebut akan mengurangi anggaran sebesar 200 miliar shilling Kenya atau setara US$1,56 miliar (Rp 25 triliun), untuk tahun anggaran 2024-2025. Kementerian Keuangan Kenya juga mendesak pemerintah untuk menerapkan efisiensi biaya dan menaikkan pajak di negara lain.

‘Presiden Kenya membunuh 5 orang dalam demonstrasi kenaikan pajak: ada penyusup!’ tonton videonya:

(rd/rir)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *