Jakarta –

Pemerintah mempercepat pemulihan Pusat Data Nasional (NDC) yang sempat tumbang dan mengganggu pelayanan publik. Perlu diketahui bahwa ini adalah PDN sementara.

Saya yakinkan tim saat ini sedang bekerja maksimal untuk mempercepat pemulihan, kata Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi dalam keterangan resmi, Kamis (20 Juni 2024).

Kementerian Komunikasi dan Informatika menjelaskan dalam keterangan resminya, pusat data nasional yang digunakan kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah saat ini merupakan pusat data nasional sementara. Ini adalah PDN berbasis cloud sementara.

Penyediaan pusat data nasional sementara diamanatkan melalui Keputusan Presiden No. 132 Tahun 2022 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Melalui pusat data nasional sementara, kami berharap proses migrasi pusat data instansi pemerintah dilakukan secara bertahap.

Pembangunan pusat data nasional pertama di Cikarang, Jawa Barat sedang berlangsung dan diharapkan selesai tahun ini. Pemerintah berencana membangun pusat data nasional di Batam dan Ibu Kota Negara Indonesia (IKN).

Direktorat Jenderal Imigrasi sebelumnya mengumumkan telah terjadi kegagalan sistem di Pusat Data Nasional (PDN). Gangguan ini mengakibatkan tidak dapat digunakannya layanan imigrasi.

Informasi tersebut dibagikan melalui akun Instagram Direktorat Jenderal Imigrasi, seperti dilihat detikcom pada Kamis (20 Juni). Ditjen Imigrasi menjelaskan penangguhan tersebut dalam pencatatannya.

“Teman Mido, saat ini terjadi kegagalan sistem di Pusat Data Nasional (PDN) yang berdampak pada seluruh pelayanan imigrasi,” kata Ditjen Imigrasi. Simak Video “Ada Kesalahan Sistem Imigrasi, Penumpang Mengular di Soetta” (fay/fyk)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *