Jakarta –
Read More : Paula Verhoeven Akhirnya Angkat Bicara Soal Perceraian dengan Baim Wong
Faktor utama yang memotivasi seseorang untuk membeli suatu produk adalah ketepatan perkiraan waktu pengiriman paketnya. Menurut Laporan Pasar Logistik Ecommerce Asia Tenggara 2024 yang dirilis oleh Parcel Monitor, ketersediaan informasi dan keakuratan perkiraan waktu kedatangan paket menjadi faktor kunci dalam memenangkan hati konsumen.
“80% responden lebih cenderung berbelanja di toko online jika paketnya tiba tepat waktu. 87% responden mengatakan akan memeriksa apakah toko tersebut memberikan informasi perkiraan waktu daripada informasi hari. Paket sudah sampai,” laporan tersebut katanya, mengutip Sabtu (15/6/2024).
Selain itu, mayoritas pelanggan e-commerce di Asia Tenggara menyatakan bahwa keterlambatan pengiriman 3-4 hari dari perkiraan waktu kedatangan adalah hal yang tidak dapat diterima. Hal inilah yang menyebabkan platform e-commerce berlomba-lomba untuk menyediakan berbagai pilihan layanan pengiriman kepada penggunanya yang mendukung proses pengiriman pesanan yang cepat dan tepat waktu. Contohnya adalahShopee.
E-commerce berwarna oranye ini juga memiliki program bernama On Time Guarantee. Program ini diluncurkan khusus untuk memberikan jaminan waktu pengiriman kepada pengguna Shopee. Sehingga pengguna bisa tenang karena memiliki jaminan waktu kapan pesanannya sampai.
Jika pesanan tiba setelah tanggal jaminan kedatangan (waktu pengiriman tertera di aplikasi), pembeli akan menerima voucher jaminan waktu. Voucher dapat digunakan untuk pembelian selanjutnya.
Program ini juga didukung oleh mitra layanan logistik Shopee. Lima mitra layanan pengiriman Shopee kini telah bergabung untuk mendukung program Shopee On Time Guarantee, antara lain Antaraja, JNE Express, Pos Indonesia, CCipat dan SPX Express.
Para pemain logistik ini memanfaatkan program On Time Guarantee sebagai peluang untuk mengakui komitmen mereka dalam memberikan layanan yang lebih baik lagi kepada pelanggannya. Program ini merupakan peluang bagi perusahaan logistik untuk memberikan layanan kurir yang andal kepada penjual dan pembeli di Shopee. Pembeli Shopee yang memilih layanan pengiriman ini sekarang akan menerima sejumlah voucher Jaminan Tepat Waktu jika pesanan mereka tertunda.
Partisipasi aktif mitra perusahaan logistik dalam Program Jaminan Tepat Waktu menunjukkan adanya kerja sama strategis antara Shopee dan mitra logistiknya. Shopee menyambut baik partisipasi mitra logistik dalam program Jaminan Tepat Waktu ini.
“Kami sangat senang dengan partisipasi mitra logistik kami dalam program On Time Guarantee. Bersama mitra logistik ini, kami berharap dapat bersama-sama memberikan proses pengiriman pesanan yang cepat dan tepat waktu kepada pelanggan,” ujar direktur bisnis tersebut. Kemitraan Shopee Indonesia Daniel Minardi.
“Kolaborasi ini sejalan dengan komitmen kami untuk terus bekerja sama dengan mitra strategis dalam memberikan kenyamanan dan pengalaman berbelanja yang lebih baik kepada pelanggan,” ujarnya.
Program yang diluncurkan pada bulan Februari ini mendapat respon positif dari pelanggan Orange Shop. Pengguna
Hal serupa juga diungkapkan pengguna X lainnya. “Menurut saya estimasi pengiriman di Shopee sudah membaik. Kalaupun ada keterlambatan pengiriman, pembeli mendapat voucher untuk menutupi keterlambatan tersebut,” tulis @caxxxxn tentang pengalaman berbelanjanya di Shopee.
Saksikan video “Pemerintah ingin tingkatkan pemberdayaan konsumen Indonesia hingga 60% tahun ini” (prf/ega)