Jakarta –

Mobil termurah di Indonesia dijual Rp 136 juta. Seberapa populerkah mobil termurah di Indonesia?

Daihatsu Ayla 1.0 M M/T merupakan mobil termurah di Indonesia. Dilihat dari harganya, mobil yang termasuk dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC) ini memiliki harga paling murah dibandingkan model lain di Indonesia. Ayla 1.0 M bertransmisi manual saat ini dijual Rp 136 juta.

Dibanderol kurang dari Rp 150 jutaan, seberapa laris mobil ini? Mengutip angka distribusi grosir yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Ayla dengan spesifikasi terendah masih memiliki peminat. Selama Mei 2024 misalnya, sebanyak 326 unit LCGC 5 seater akan didistribusikan dari pabrik Daihatsu ke diler.

Total dalam lima bulan tahun 2024, ada 1.678 unit Ayla yang didistribusikan ke seluruh diler Daihatsu. Dibandingkan varian lain di keluarga Ayla, model ini memang bukan yang paling laris. Namun bisa dikatakan penjualannya masih cukup baik.

Sebagai LCGC (Low Cost Green Car) termurah, Daihatsu Ayla 1.0 M dibekali dengan fitur-fitur yang sangat mendasar atau disebut standar. Misalnya saja lampu depannya yang masih menggunakan teknologi bohlam halogen. Spion belum bisa diatur secara elektrik, masih menggunakan velg berukuran 13 inci yang dipadukan dengan penutup roda, tidak ada lampu kabut dan masih menggunakan head unit single din. Untungnya mobil ini masih dilengkapi dual SRS airbag.

Sedangkan untuk mesinnya, varian Ayla termurah menggunakan mesin jantung 998cc 998cc, segaris 3 silinder 1KR-VE DOHC VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga 66PS pada 6.000rpm dan torsi 89Nm pada 4.400rpm. . Tenaga dan torsi mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan.

Selain Ayla berkapasitas 5 penumpang, Daihatsu punya satu lagi mobil termurah berkapasitas 7 penumpang, yakni Daihatsu Sigra varian 1.0 D bertransmisi manual. Sigra 1.0 D dijual Rp 139 juta atau lebih mahal Rp 3 juta dari mobil termurah di Indonesia.

Dari segi penjualan, Sigra termurah lebih baik dibandingkan Ayla 1.0 M M/T. Sebagai perbandingan, pada Mei 2024, penyaluran Sigra mencapai 938 unit. Sedangkan jika jumlahnya Januari-Mei 2024, penyalurannya mencapai 5.201 unit.

Tonton video “Review Toyota Agya GR Sport: Jangan Remehkan Mobil Ini!” (kering/rgr)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *