Jakarta –

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menyiapkan strategi untuk meraih peluang dalam menghadapi tantangan bonus demografi, disrupsi teknologi, dan perubahan lanskap perekonomian. Dengan begitu, semua peluang tersebut bisa dimanfaatkan.

Jokowi pun mengaku senang karena industri pertanian dan kelautan berkembang di Hipmi. Ia juga mengunjungi Chickin yang bisnisnya berkembang pesat.

“Saya lihat sudah ada 45 juta ekor ayam di Hipmi, Chickin Indonesia, smart farm yang awalnya hanya punya 1.000 ekor ayam,” kata Jokowi, dikutip Rabu (12/6/2024).

Chickin merupakan perusahaan yang fokus pada pertanian cerdas di bidang peternakan ayam, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi. Chickin menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) dan analisis data untuk memantau dan mengelola kondisi lingkungan kandang dan kesehatan ayam secara real time.

Ketua Eksekutif Chickin Tubagus Syailendra Wangsadisastra mengatakan pihaknya berkomitmen mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan, khususnya dalam hal peningkatan konsumsi protein.

“Kami merasa sangat diapresiasi. Tingkat konsumsi protein perlu terus kita tingkatkan. Hal ini bisa dicapai melalui pesatnya perkembangan UMKM berbasis ayam,” ujarnya.

Tubagus menambahkan, Chickin ke depannya akan semakin fokus dalam meningkatkan akses permodalan bagi para peternak ayam dan juga membantu mereka meningkatkan pendapatan dengan membuka akses penjualan seluas-luasnya.

“Dari hulu hingga hilir, kami akan meningkatkan penetrasi di bidang peternakan, pakan ternak, peternakan, hingga akses pasar. Kami berkomitmen untuk mendorong kemajuan para peternak,” ujarnya. (acd/gambar)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *