Jakarta –

GfK Indonesia mengungkapkan beberapa wawasan mengenai pasar Tech & Durable (T&D) di Indonesia, menyoroti tren saat ini dan peluang menarik di masa depan.

“Indonesia adalah pasar yang sangat menjanjikan untuk produk-produk teknologi & tahan lama, terutama dibandingkan dengan tren global. Terlepas dari kondisi pascapandemi dan perubahan perilaku konsumen, para pelaku industri harus secara aktif mencari cara untuk tumbuh,” kata Managing Director NIW Adri Suhadi. dan GfK Indonesia, dalam keterangan yang diperoleh detikINET.

Perekonomian Indonesia dianggap stabil dan diperkirakan menghasilkan $10,5 triliun, PDB terbesar keempat di dunia pada tahun 2050, setelah Tiongkok, Amerika Serikat, dan India.

Menurut perusahaan pasar tersebut, Indonesia memiliki populasi yang besar dan kelas menengah yang berkembang pesat, sehingga mendorong aktivitas ekonomi menciptakan pasar domestik yang penting. Sumber daya alam yang dimiliki Indonesia, baik minyak bumi, gas, mineral, dan lahan subur, dapat dimanfaatkan untuk lebih mendorong pembangunan ekonomi di masa depan.

Bahkan menurut GfK, total nilai penjualan produk T&D di Indonesia akan turun 12,4% pada tahun 2023 yang masih disebabkan oleh pandemi. Namun GfK memperkirakan tren pasar dan konsumen akan meningkat pada tahun 2024 dan seterusnya.

Tren tersebut antara lain meningkatnya minat konsumen terhadap produk premium dan konsumen mengharapkan pengalaman berbelanja yang lebih baik.

Terjadi peningkatan pada segmen barang konsumen teknis

Meskipun segmen barang konsumen teknis (TCG) berkontribusi pada keseluruhan konfigurasi pasar T&D pada tahun 2023, tanda-tanda positif pemulihan mulai terlihat. Laporan Audit Ritel POS GfK menunjukkan tren stabilisasi yang positif sepanjang tahun 2023, dengan sebagian besar kelompok produk di TCG mengalami peningkatan yang stabil setiap kuartal.

Momentum ini menyebabkan pertumbuhan lebih tinggi pada kuartal terakhir tahun 2023. Lintasan positif ini berlaku untuk berbagai segmen produk termasuk telekomunikasi, TI, perkantoran, elektronik konsumen (CE), perfilman, peralatan rumah tangga besar (MDA) dan peralatan kecil. (SDA).

Sektor suku cadang mobil berkembang pesat, dengan segmen otomotif melampaui tren umum, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 17,6% hingga tahun 2023. Seluruh kelompok produk di segmen otomotif (baterai mobil dan sepeda motor) mengalami pertumbuhan yang sehat pada tahun 2023. , ban mobil dan motor, oli mobil dan motor serta oli transmisi) semakin meningkat setiap tahunnya.

Pencapaian ini mencerminkan pertumbuhan jumlah kendaraan yang terdaftar di Indonesia, seiring dengan perlunya perawatan yang baik terhadap semua jenis kendaraan.

GfK melihat adanya perubahan perilaku pembelian di segmen ini. Konsumen kini beralih ke produk berkualitas dengan rasio harga-manfaat yang sesuai, dan hal ini juga terjadi di sektor T&D. Pergeseran ini terutama terjadi pada produk pelumas mobil dan sepeda motor.

“Konsumen Indonesia menunjukkan perubahan dalam perilaku pembelian, memprioritaskan nilai dibandingkan harga. Mereka khususnya tertarik pada produk di segmen menengah dan premium yang menawarkan rasio harga-manfaat yang wajar. Ini adalah tren yang mendorong pertumbuhan kuat yang kami amati di Q4. ‘2023,” kata Director of Customer Success Indonesia, GfK Candra Vibava dalam keterangan yang sama.

Kandra juga berbagi tips sukses bagi perusahaan di bidang T&D di Indonesia, seperti: Mengutamakan premium: Pelanggan lebih tertarik pada produk yang berkualitas tinggi. Merek dapat memanfaatkan tren ini dengan berfokus pada penawaran produk kelas menengah dan premium: Kampanye promosi yang dikelola dengan baik dapat meningkatkan kinerja penjualan secara signifikan: Memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten dan menyenangkan di semua saluran – online, offline, dan seluler – sejalan dengan perubahan konsumen perilaku. . Inovasi: Mengembangkan produk inovatif sangat penting untuk menonjol dalam lanskap kompetitif. Saksikan video “Teknologi penjernihan air membantu mengurangi sampah botol plastik” (asj/asj).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *