Jakarta –

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan tanggal 10 Juni 2024 sebagai Hari Kewirausahaan Nasional melalui keputusan presiden. Tanggal ini bertepatan dengan hari jadi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri Perayaan HIPMI ke-52 di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Senin (10/6/2024). Menurutnya, penetapan Hari Pengusaha Nasional merupakan kado ulang tahun HIPMI.

“Sebagai kado ulang tahun, kami menandatangani Hari Kewirausahaan Nasional dalam bentuk keputusan presiden,” kata Jokowi dalam pidatonya.

Hal itu diungkapkan pendiri sekaligus Ketua Umum HIPMI, Jokowi saat berkunjung ke Istana Negara.

“Seperti yang diusulkan oleh para pendiri dan Ketua Umum HIPMI saat berkunjung ke Istana melalui Keputusan Presiden,” kata Jokowi.

Bersamaan dengan itu, mantan Ketua BPP Hipmi Akbar Himawan Bukhari memberikan bingkisan istimewa kepada keluarga Hipmi.

“Presiden telah menginformasikan kepada kami bahwa pada hari ulang tahunnya beliau memberikan hadiah yang sangat istimewa kepada Hipmi. Tanggal 10 Juni akan ditetapkan sebagai Hari Kewirausahaan Nasional,” kata Akbar yang disambut tepuk tangan para tamu.

Akbar sangat bangga karena mendapat anugerah unik di masa kepemimpinannya. “Terima kasih, Tuan Presiden. Ini sebuah tonggak sejarah,” katanya.

Terima kasih Bapak Presiden atas kepeduliannya terhadap dunia usaha. Buktinya, jumlah pengusaha meningkat drastis. Sejak pelantikan Jokowi pada 2014, rasio dunia usaha terhadap jumlah penduduk hanya 1,8 persen. Saat ini, jumlah wirausaha adalah 3,8 persen dari total penduduk.

“Kita semua bangga, bangga sekali, banyak kebijakan presiden yang sangat bermanfaat. Ini wujud nyata baik dari segi infrastruktur maupun komitmen,” tegas Akbar.

Himpi merayakan ulang tahunnya yang ke-52 di Jakarta; Diselenggarakan pada Senin (10/6/2024) di Hotel Fairmont. Upacara tersebut dihadiri oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo Jokowi; Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Kelautan dan Perikanan; Menteri Investasi Bahlil Lahadalia; Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie dan ATR Agus Harimurti Yudhoyono hadir. (artikel/artikel)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *