Jakarta –
Pariwisata di Thailand perlahan mulai tumbuh. Mereka menargetkan 1 juta wisatawan Tiongkok dan Jepang yang akan berkunjung ke Jepang pada libur Hari Buruh dan Golden Week.
Tiger melaporkan, Jumat (26/4/2024) diperkirakan sekitar 996.000 wisatawan Tiongkok dan Jepang akan mengunjungi Thailand saat itu. Menurut Otoritas Pariwisata Thailand (TAT), jumlah ini meningkat 29% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Sekitar 89.000 wisatawan asing diperkirakan tiba di Thailand setiap hari mulai tanggal 26 April hingga 5 Mei, meningkat 10% dari rata-rata. Peningkatan tersebut disebabkan adanya hari libur nasional di berbagai negara
Selama liburan lima hingga tujuh hari di Tiongkok dan Jepang, kami berharap kedua pasar ini dapat lebih merangsang belanja pariwisata,” kata Chatton Kunjara na Ayudh, Deputi Gubernur Tata untuk Pemasaran Internasional di Asia dan Pasifik Selatan.
Pendapatan pariwisata diperkirakan mencapai 32,3 miliar baht ($880 juta). Angka ini mewakili pertumbuhan tahun ke tahun sebesar 35%.
Wisatawan Jepang diperkirakan mulai berwisata pada 26 April dengan libur Golden Week yang dimulai pada 26 April hingga 5 Mei. Sekitar 41.000 wisatawan Jepang diperkirakan mengunjungi Thailand selama periode ini, meningkat sebesar 30%. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu
Chatan meningkatkan pendapatan dari wisatawan Jepang sebesar 76% hingga mencapai $38 juta.
Skema bebas visa permanen antara Thailand dan Tiongkok, serta dimulainya kembali penerbangan, akan membantu meningkatkan pasar, katanya.
Banyak maskapai penerbangan meningkatkan penerbangannya untuk memenuhi peningkatan permintaan selama periode ini. Misalnya, Spring Airlines menambahkan penerbangan dari Shanghai dan Shantou ke Bangkok. Pada saat yang sama, China Southern Airlines menambahkan penerbangan dari Guangzhou ke Bangkok dan Phuket, dan Xiamen Airlines menambahkan penerbangan dari Xiamen ke Bangkok.
Menurut platform perjalanan online Expedia, Bangkok menempati peringkat ketiga sebagai tujuan pilihan wisatawan Jepang selama liburan Golden Week. Itu sebabnya Thailand semakin yakin akan mendapat manfaat
JTB, agen perjalanan terbesar Jepang, memperkirakan 520.000 wisatawan Jepang akan bepergian ke luar negeri selama liburan Golden Week. Angka tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 68% dibandingkan tahun lalu. Destinasi terpopuler adalah Korea Selatan, disusul Asia Tenggara
Untuk memanfaatkan pertumbuhan ini, kantor luar negeri TAT di Jepang dan Tiongkok meluncurkan kampanye promosi awal tahun ini. Hal ini mencakup promosi dengan AirAsia yang menargetkan wisatawan Jepang dan roadshow dengan operator tur di kota-kota besar Tiongkok seperti Shanghai, Guangzhou, Chengdu dan Kunming, Phuket, Chiang Mai dan Pattaya. Tonton video “Basah di Festival Songkran Thailand” (sym/fem)