Jakarta –

Kabar seorang pangeran Arab Saudi yang koma selama 19 tahun menarik perhatian publik. Pangeran yang bernama Al Waleed bin Khaled bin Talal ini mulai mendapat perawatan di rumah sakit pada tahun 2005 setelah terlibat dalam kecelakaan mobil.

Mungkin tidak ada yang menyangka bahwa koma akan membuat seseorang bisa tidur selama ini. Namun ternyata pangeran Arab ini bukanlah orang yang paling lama koma.

Koma terlama dalam sejarah medis berlangsung 42 tahun sebelum pasien meninggal. Kondisi tersebut dialami oleh seorang wanita asal Amerika bernama Edwarda O’Bara.

Menurut NBC News, Obara baru berusia 16 tahun ketika dia mengalami koma diabetes pada 3 Januari 1970. Ia lahir di Miami, Florida pada tahun 1953 dan menderita diabetes saat kecil, yang diobati dengan insulin. .

Namun tragisnya, pada bulan Desember 1969, ia terjangkit pneumonia, dan kedua penyakit tersebut tidak dapat ditangani oleh tubuhnya. Setelah dua minggu, kondisinya memburuk dan dia dibawa ke rumah sakit, namun mengalami koma.

Sebelum meninggal, dia meminta ibunya untuk tidak meninggalkannya.

O’Bara diberi makan melalui selang, dan sesuai dengan kata-katanya, Kay tetap berada di samping tempat tidurnya selama 38 tahun berikutnya, membalikkannya dari sisi ke sisi setiap dua jam untuk mencegah luka baring saat dia merawatnya di rumah keluarga.

Obara yang sempat koma selama 42 tahun, meninggal dunia pada usia 59 tahun di rumahnya di Miami Gardens, Florida, pada 21 November 2012. Tonton video ‘Pengaruh kumis kucing dan jahe dalam mengatasi diabetes’ (CNA/CNA)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *