Jakarta –

Kepedulian terhadap lingkungan dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah pemulihan ekosistem untuk mengembalikan keseimbangan lingkungan.

Kali ini, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Yayasan Astra Honda Motor (AHM Foundation) menanam 20.000 pohon mangrove di Kawasan Ekonomi Utama (KEE) Teluk Pangpang Banyuwangi, Jawa Timur pada Selasa (11/06). Cara ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan AHM Foundation dalam mitigasi perubahan iklim dan menjaga lingkungan. Kegiatan tersebut diresmikan oleh Anang Budi Wasono, Kepala Bidang Penangkapan Ikan Dinas Perikanan Banyuwangi Provinsi Jawa Timur, bersama manajemen PT Astra Honda Motor, Yayasan AHM dan PT Mitra Pinasthika Mulia sebagai main dealer Honda. Wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur.

Ahmad Muhibuddin, Presiden AHM Foundation, menyampaikan pentingnya penanaman mangrove karena khasiatnya yang istimewa sebagai penghasil oksigen dan penyerap CO2, sehingga dapat berkontribusi dalam penurunan emisi gas rumah kaca, “Kami hadir dan berperan aktif dalam mendukung. sejalan dengan tujuan perlindungan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan (SDGs) perkebunan “Mangrove ini diharapkan dapat memberikan dampak ganda terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar, baik secara ekologis maupun ekonomi, serta mendukung pencapaian net zero emisi,” kata Muhib In Dalam hal ini, AHM Foundation menyerap karbon tiga hingga lima kali lebih banyak dibandingkan hutan tropis daratan yang dapat ditanami Rhizopora Mucronata. Selain itu, tanaman bakau juga dapat memperbaiki ekosistem lahan basah untuk mendukung kehidupan hewan dan manusia secara berkelanjutan.

Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan dalam menjaga ekosistem laut pesisir, kegiatan penanaman mangrove di Banyuwangi ini melengkapi penanaman 10.879 pohon yang dilakukan AHM Foundation di berbagai wilayah tanah air sejak tahun 2017. Selain penanaman mangrove di KEE Teluk Pangpang Banyuwangi, juga AHM Foundation. Melakukan kegiatan bersih-bersih pantai yang melibatkan komunitas nelayan setempat bersama siswa sekolah mitra AHM.

KEE Teluk Pangpang merupakan kawasan konservasi mangrove yang mempunyai nilai ekosistem penting dalam menunjang kelangsungan kehidupan dan juga merupakan kawasan lindung di Jawa Timur. Memiliki keanekaragaman hayati berupa 12 jenis pohon bakau, 18 jenis kerang, dan 43 jenis burung yang sebagian besar merupakan burung migran. Kehadiran mangrove yang sehat di wilayah pesisir dapat meningkatkan ketahanan masyarakat pesisir terhadap perubahan iklim dan mengurangi dampak bencana alam seperti gelombang besar, tsunami, dan banjir bandang. Simak video “Review Honda CB1300 Super Four SP: Motor Idaman Banyak Orang (lth/detik)!”

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *