Jakarta –

Institute for Management and Development (IMD) telah merilis daftar kota pintar menurut survei Smart City Index 2024, dan tidak ada kota di Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut.

Kota-kota memiliki teknologi, infrastruktur, dan layanan terdepan yang memberikan wawasan tentang hal-hal yang menjadikan sebuah kota cerdas. Tahun ini, indeks tersebut dibuat oleh Smart Cities Observatory dari IMD World Competitiveness Center yang bekerja sama dengan World Smart Sustainable Cities Organization (WeGO) yang berbasis di Seoul, Korea Selatan.

Time Out Report Jumat (31/05/2024) Laporan ini memeringkat 142 kota pintar di seluruh dunia berdasarkan data yang dikumpulkan peneliti dan respon survei dari 120 penduduk di setiap kota. Menurut IMD, kota pintar adalah lingkungan perkotaan yang menggunakan teknologi untuk meningkatkan manfaat urbanisasi sekaligus meminimalkan kelemahannya.

Hal ini bukan hanya tentang universitas terkemuka atau industri inovatif, namun juga tentang penerapan teknologi yang meningkatkan kesehatan, keselamatan, mobilitas, aktivitas, peluang, dan tata kelola.

Pada tahun 2024, Zurich menduduki puncak daftar selama empat tahun berturut-turut, diikuti oleh Oslo dan Canberra, yang menonjol dalam bidang transportasi umum, ruang hijau, dan kualitas udara.

Kota-kota ini menunjukkan betapa kuatnya infrastruktur dan kebijakan ramah lingkungan dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi warganya.

Berikut 10 kota terpintar di dunia menurut IMD Smart City Index

1. Zurich, Swiss2. Oslo, Norwegia 3. Canberra, Australia 4. Jenewa, Swiss 5. Singapura 6. Kopenhagen, Denmark 7. Lausanne, Swiss 8. London, Inggris 9. Helsinki, Finlandia 10. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Meskipun Eropa mendominasi daftar ini, kota-kota di Asia juga menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.

Singapura secara konsisten berada di peringkat 10 besar sejak indeks dimulai pada tahun 2019, dan naik dua peringkat pada tahun ini.

Kota Taipei juga mengalami lompatan besar, naik 13 peringkat dalam satu tahun. Mengutip CNBC, berikut 5 kota pintar teratas di Asia.

1. Singapura (peringkat 5) 2. Beijing, Tiongkok (peringkat 13) 3. Taipei, Taiwan (peringkat 16) 4. Seoul, Korea Selatan (peringkat 17) 5. Shanghai, Tiongkok (peringkat 19)

Saksikan video “Sial! Merokok sedang naik daun di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda” (sym/fem)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *