Jakarta –

Penumpang Spirit Airlines mengalami kegugupan. Dia mengatakan kokpit telah dipersiapkan untuk kemungkinan pendaratan di air.

Mengutip CNN, Kamis (30/5/2024), penerbangan Spirit Airlines dari Jamaika menuju Florida pada Minggu (26/5) menjadi tempat kepanikan dan kebingungan. Pasalnya, penumpang bersiap menghadapi kemungkinan terjadinya water landing setelah pesawat berbalik arah akibat masalah mekanis.

“Pesawat Airbus berbalik arah dan kembali dengan selamat ke Teluk Montego, Jamaika. Pilot bertindak karena sangat berhati-hati karena dugaan masalah mekanis,” kata maskapai itu dalam sebuah pernyataan.

Penumpang dialihkan dan kemudian dipindahkan ke pesawat lain untuk mencapai tujuan.

Penumpang Bettina Rogers merekam video saat pesawat lepas landas, di mana dia mendengar sinyal khusus di kabin sebanyak dua kali.

Tak lama setelah sinyal diberikan, pilot mengatakan kepada penumpang bahwa “tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” kata Rogers.

Sekitar lima menit kemudian, pilot memberi tahu penumpang bahwa pesawat harus kembali ke Bandara Montego Bay. Namun saat pesawat berbalik arah, pilot mengumumkan, “Bersiap untuk pendaratan darurat di air.”

“Itu menakutkan dan orang-orang ketakutan,” kata Rogers.

Setelah pesawat mendarat dengan selamat, kabin dipenuhi dengan obrolan para penumpang yang gelisah dan jaket pelampung berwarna oranye berserakan di lantai dan di kursi.

Penumpang keluar dari pesawat sesuai prosedur normal. Kemudian sebuah pesawat baru diatur untuk membawa mereka ke Fort Lauderdale dan Rogers berhasil sampai dengan selamat ke tujuan mereka di Atlanta.

“Keselamatan adalah prioritas utama kami, dan pesawat akan dievaluasi secara menyeluruh oleh tim pemeliharaan kami. Kami meminta maaf kepada para tamu atas ketidaknyamanan yang terjadi,” kata maskapai tersebut.

Pada hari Senin, penerbangan United Airlines membatalkan lepas landas dari Bandara Internasional Chicago O’Hare karena kebakaran mesin. Administrasi Penerbangan Federal membenarkan hal ini.

Juga pada hari Senin, penerbangan Southwest Airlines dari Denver ke Tampa, Florida, dialihkan ke Colorado Springs setelah pramugari melaporkan kemungkinan adanya bau asap di kabin, menurut pernyataan Southwest.

Beberapa dari insiden ini terjadi pada awal liburan akhir pekan yang sibuk di Amerika Serikat. Aktivitas liburan dengan pesawat terbang juga memecahkan rekor.

Badan Keamanan Transportasi mengumumkan rekor baru jumlah penumpang dalam satu hari pada Jumat (24/5). Saksikan video “Liburan Seru Kunjungi Legoland Theme Park Malaysia” (msl/fem)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *