Karangasem –

Nasib bule asal Belanda ini sungguh disayangkan. Saat mendaki Gunung Agung di Bali, ia terjatuh ke jurang. Dia juga dinyatakan meninggal.

Seorang warga negara (WN) Belanda bernama FB tewas setelah terjatuh ke jurang sedalam 15 meter saat mendaki Gunung Agung di Karangasem, Bali. Wanita berusia 29 tahun itu menghembuskan nafas terakhirnya saat menjalani perawatan di Puskesmas Al Salat.

Kabid Humas Polres Karangasem Ipto Gedi Sukadana membeberkan kronologi meninggalnya WNA Belanda tersebut. Pertama-tama, FB mendaki Gunung Agung bersama temannya asal Denmark pada Kamis (23/5) bersama PSA pemula (31).

Kedua bule tersebut sepakat mendaki jalur Pura Pasar Agung di Silat, Karangasem, Bali. Mereka berangkat pagi-pagi sekali.

Keduanya mendaki Gunung Agung sekitar pukul 03.00 WIB secara mandiri tanpa jasa pemandu lokal, kata Sukadana, Jumat (24/5).

FB tersebut kemudian tergelincir dan jatuh ke lembah 1.600 meter di atas permukaan laut. PSA panik, lalu berlari turun meminta bantuan warga.

Sesampainya di area parkir, PSA ditemui anggota Kelompok Aksi Perhutanan Sosial (KUPS). Setelah itu, ia bersama puluhan warga sekitar berlari menuju lokasi jatuhnya FB untuk mengungsi.

Menurut Sukadana, FB dievakuasi menggunakan tandu dan diturunkan ke lereng Gunung Agung. Setelah sampai di bawah, FB langsung dipindahkan ke Puskesmas Silat.

Saat dievakuasi, alien asal Belanda itu masih sadar dan sempat berkomunikasi dengan rekan-rekannya. Namun kondisinya semakin memburuk saat dirawat di Puskesmas Silat, hingga akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Sukadana mengatakan, luka yang dialami FB setelah terpeleset dan terjatuh ke jurang sangat serius.

Sukadana menyimpulkan, “Rahang bawah patah, lengan kiri patah, perut memar, dagu retak, dan gigi depan patah.”

,

Artikel ini dimuat di website Datek Bali. Simak video “Momen Pendaki yang Ditemukan Tewas di Gunung Agung Bali Dievakuasi” (wsw/wsw)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *