Jakarta –
Yamaha Nmax baru kini menggunakan tulisan “Turbo”. Tapi “Turbo” itu perasaan tenaganya lebih baik, suku cadang yang digunakan ada di transmisi variabel kontinu (CVT), bukan di mesin seperti turbo pada umumnya. Amankah mengonsumsi Pertalite? dimana bensin dengan angka oktan rendah (RON) paling murah.
Mesin Yamaha Nmax 2024 menggunakan teknologi Blue Core yang sama dengan Lexi LX 155. Selain konsumsi tenaganya, di atas kertas tenaganya mencapai 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Meski kompresi mesinnya 11,6 banding 1, namun masih sama dengan Nmax generasi sebelumnya.
Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing dan Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan Pertalite bisa digunakan untuk Yamaha Nmax baru. Pabrikan merekomendasikan penggunaan bensin tanpa timbal.
“Bisa (pakai Pertalite), tadi bilang (bahan bakar yang direkomendasikan) itu tanpa timbal, kenapa?” Karena berpengaruh pada proses pembakaran, Pertamax tidak hanya lolos uji seperti yang dilakukan Yamaha, tapi juga uji bensin di pinggir jalan, namun (pakai di bawah oli” dari anjuran) dampak kebakarannya dipastikan tidak akan terjadi. jadi lebih baik Makanya pabrikan merekomendasikan bensin yang tidak dibawanya,” kata Anton di penghujung peluncuran Nmax terbaru.
“Bagi yang ingin mendapatkan performa terbaik sebaiknya menggunakan bensin tanpa timbal,” jelasnya.
Asal tahu saja, pemilihan bahan bakar (BBM) mobil yang tepat sebaiknya disesuaikan dengan tenaga mesinnya.
Dari situs Pertamina, setiap jenis bahan bakar disesuaikan dengan tekanan mesin. Lalu untuk sepeda baru, adakah sepeda yang cocok menggunakan bahan bakar khusus?
Kebanyakan sepeda motor baru diproduksi dengan rasio kompresi 9:1. Oli pertalite memiliki nilai oktan 90 yang dikatakan cocok untuk kompresi dan rasio kompresi 9:1 hingga 10:1. Saat ini Research Octane Number (RON) 92 direkomendasikan untuk mesin dengan perbandingan 10:1 hingga 11:1. RON 92 digunakan untuk kendaraan yang membutuhkan oktan tinggi dan tidak mengandung timbal, penggunaan oli ini sangat disarankan.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, turbo pada Yamaha Nmax terdapat pada bagian terbaik dari CVT yaitu Yamaha Electric CVT (YECVT).
“Sparepartnya beda banyak, Turbo dan Neo juga beda. Terutama pada bagian transmisi, poros engkol, motor (listrik) yang tidak ada pada sepeda motor Neo, dan lain-lain. Mobil juga tidak ada (di Yamaha. Turbo) karena sudah diganti YECVT. “Fungsi CVT tradisional adalah agar mesin menggunakan gaya sentrifugal. Nah, tugas itu berubah dengan YECVT,” kata Anton. Tonton video “Perbedaan Yamaha NMAX Turbo dan NMAX lama: lebih baik beli baru atau tutup saja?” (dari/dari)