Jakarta –
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperkenalkan teknologi Yamaha Electric Continuously Variable Transmision atau YECVT pada NMAX generasi terbaru. Mungkinkah teknologi yang disebut ‘Turbo’ dalam bahasa pemasaran dibenamkan pada Aerox baru?
Sebagai catatan, Yamaha Aerox terakhir kali mendapat penyegaran pada tahun 2020 atau empat tahun lalu. Itu sebabnya masa perpanjangan dimulai untuk mesin matic.
Antonius Widiantoro selaku Deputy GM Marketing PT YIMM belum bisa berkomentar banyak mengenai peluncuran Yamaha Aerox baru di Indonesia. Meski demikian, diakuinya, bukan tidak mungkin teknologi ‘turbo’ dapat diintegrasikan ke dalam kendaraan.
“Iya kalau ada konsumen yang mau, tentu kami akan pertimbangkan. Tapi kami konsentrasi ke NMAX,” jawab Anton saat ditanya, Jumat, soal kemungkinan memasukkan teknologi “Turbo” ke dalam New Yamaha Aerox. 21) /6).
“Kami yakin jika ada permintaan konsumen, maka produksi sepeda motor tidak hanya berasal dari keinginan Yamaha, tapi juga masukan dari konsumen,” imbuhnya.
Namun untuk saat ini pihak ingin konsentrasi pada Yamaha NMAX baru. Menurutnya, penyematan ‘Turbo’ atau YECVT merupakan keputusan yang tepat. Bahkan, teknologi ini menjadi perbincangan seru dimana-mana.
“Awalnya kami fokus ke NMax karena cukup viral, jadi menurut saya teknologinya terus berkembang. Kami ingin lihat reaksinya seperti apa, positifnya,” ujarnya kepada Tahu Turbo di Yamaha Motorbikes
Berbeda dengan turbo pada mobil yang menggunakan gas buang, akselerasi baru Yamaha NMAX hadir dari teknologi YECVT. Sehingga ada bantuan motor listrik pada transmisinya untuk menggerakkan blok depan dan menggantikan kinerja roller yang ditinggalkan.
Pada Nmax Turbo terdapat Y-shift yang mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya membantu pengemudi untuk segera meningkatkan kecepatan layaknya turbo dengan tiga level yaitu low (1), medium (2) dan Tinggi. (3) Sehingga cocok untuk menyalip kendaraan di depan dan melibas lereng.
Berdasarkan pengujian internal Yamaha, fungsi turbo ini mampu berakselerasi dari nol hingga 100 meter dalam waktu 7,2 detik. Sedangkan NMAX versi sebelumnya bertahan 7,43 detik.
NMAX Turbo mampu berakselerasi lebih cepat hingga menempuh jarak 200 meter dibandingkan NMAX generasi sebelumnya, dengan selisih jarak 9,2 meter.
Dengan teknologi tersebut, Nmax Turbo memiliki fitur mode berkendara yang menawarkan dua pilihan yaitu mode H (city riding) dan juga mode S (sport touring) yang dapat dikontrol melalui tombol “mode” di bagian depan perangkat. Mengirim.
Mode T untuk bepergian dan mode S untuk mode olahraga. Saat ini mode T digunakan untuk perkotaan, sedangkan mode S dapat digunakan untuk touring, jalan menanjak, pembonceng, dan manuver menyalip kendaraan lain. Simak video “Perbedaan Yamaha NMAX Turbo dan NMAX Lama: Lebih Baik Beli Baru atau Ditahan?” (sfn/kering)