Jakarta –

PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk atau apalah namanya Bagaimana perusahaan baru ini mampu mengakselerasi industri telekomunikasi di Indonesia?

XLSmart disebut-sebut merupakan perusahaan media baru yang memadukan kekuatan dua operator seluler di Indonesia yang sudah lama hadir di Tanah Air. Bagi banyak konsumen, menggabungkan keduanya dapat menambah banyak utang.

“Dengan total 94,51 juta pelanggan seluler dan pangsa pasar 27%1, XLSmart menghasilkan pendapatan sebesar Rp45,4 triliun (USD 2,8 miliar USD) dan EBITDA lebih dari Rp22,4 triliun2 ( USD1,4 miliar) ,” ungkapnya dalam keterangan yang diperoleh detikINET.

XLSmart menggabungkan kekuatan XL Axiata, Smartfren, dan SmartTel dengan tujuan untuk menghubungkan konsumen, individu, perusahaan, dan sektor publik dengan lebih baik. Untuk 5G, dana yang dihasilkan diharapkan dapat diinvestasikan kembali untuk perluasan, pembaruan jaringan, dan inovasi.

“Selain itu, diharapkan koneksi ini akan menghasilkan nilai yang signifikan, diperkirakan sebelum pajak sebesar USD 300-400 juta setelah selesainya desain jaringan dan optimalisasi infrastruktur. Serupa dengan bergabungnya XLSmart sebagai kekuatan revolusioner dalam industri komunikasi, membuka jalan bagi pembangunan berkelanjutan dan inovasi di sektor ini,” demikian pernyataan yang diterima detikINET.

XLSmart bersaing dengan dua operator besar di Indonesia yaitu Telkomsel dan Indosat Ooredoo Hutchison. Yang terakhir adalah merger antara Indosat dan Tri.

Telkomsel saat ini menjadi operator terkuat, Indosat Ooredoo Hutchison memiliki 170 juta pelanggan dan sekitar 100,8 juta. Menarik untuk dinanti bagaimana XLSmart mengembangkan strateginya menghadapi kedua kompetitornya. Simak video ini ” Video: Harapan di Balik Penggabungan XL Axiata dan Smartfren” (fyk/fyk)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *