Jakarta –
Tokopedia meluncurkan program Bonus Hari Raya 2024 untuk mengakselerasi kinerja usaha kecil dan menengah di Indonesia. Dengan program ini, UKM melihat peningkatan bisnis dan perluasan audiens.
Melalui program ini, Tokopedia menawarkan berbagai manfaat untuk mendukung pertumbuhan, terutama pada tingkat pesanan dan penjualan bagi UKM lokal. Salah satu pengusaha yang turut merasakan dampak kampanye ini adalah Dara Rahma Wahida, pemilik brand optik ternama, Vherkudara.
Dara mengungkapkan, penikmat produknya didominasi oleh pengguna Tokopedia. Diakuinya, program Bonus Hari Raya 2024 yang dihadirkan Tokopedia bisa menjangkau masyarakat lebih luas dengan lebih efektif.
“Program bonus Hari Raya mendukung kami untuk dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Audiens Vherkudara banyak yang menggunakan Tokopedia dan lebih efisien dalam menjangkau audiens kami,” kata Dara dalam keterangan tertulis, Senin (13/5/2024).
Tak hanya itu, program Bonus Liburan juga meningkatkan jumlah transaksi Vherkudara. Dara mengatakan bisnisnya meningkat dua kali lipat sejak mengikuti kampanye.
“Sejak mengikuti bonus Hari Raya, terjadi peningkatan bisnis bersama kami dibandingkan bulan sebelumnya, peningkatannya dua kali lipat,” ujarnya.
Media lain juga berpendapat serupa, salah satunya Damakara. UKM Trendy ini mengaku mengalami peningkatan jumlah transaksi sebesar 259%.
“Dengan dibukanya open order jalur raya di Tokopedia, kami lebih mudah menerima pesanan sekaligus sehingga penjualan jalur raya bisa maksimal,” ujar Nurdini selaku pemilik perusahaan Damakara.
“Pertumbuhan dunia usaha meningkat 259% dibandingkan periode sebelumnya,” imbuhnya.
Selain itu, dalam program ini Tokopedia juga memberikan predikat “Best Seller” kepada pelanggan lokal. Hal ini menciptakan persaingan positif antar mitra bisnis untuk meraih predikat tersebut.
“Kami tidak menyangka dapat memenangkan bonus Hari Raya setelah kami menerima kunjungan dari tim Tokopedia dan mendapatkan gambaran mengenai kinerja penjualan dan potensi penjualan, melakukan perbaikan dan rencana pengembangan bersama Tokopedia, dan ternyata bonus tersebut mampu memenangkan bonus tersebut. Bonus Hari Raya tahun ini,” kata Nurdini.
Nurdini menjelaskan, banyak fitur di Tokopedia yang bisa dimanfaatkan para pengusaha. Fitur-fitur tersebut dapat digunakan untuk mencapai tingkat penjualan yang maksimal.
Sementara itu, Nurdini juga menyampaikan tips yang bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis lokal yang baru menjual produknya di platform Tokopedia. Ia berpesan kepada mitra usaha untuk memanfaatkan berbagai fitur yang ditawarkan Tokopedia sesuai dengan kebutuhan dan fitur produk masing-masing mitra bisnis.
“Banyak fitur di Tokopedia yang bisa dioptimalkan bagi penjual untuk mendapatkan penjualan terbaik, sesuaikan dengan kebutuhan dan fitur produk kita, sehingga penjualannya terbaik,” jelasnya.
Tak ketinggalan, selain Vherkudara dan Damakara, beberapa UKM lain seperti Better Goods dan Mandy’s juga merasakan dampak positif setelah mengikuti skema bonus Hari Raya ini. Tak hanya itu, mereka juga berhasil menyabet predikat ‘Best Seller’ yang diberikan Tokopedia.
Program bonus Hari Raya 2024 hadir sebagai dukungan yang diberikan Tokopedia kepada para pelaku usaha yang sedang memulai dan mengembangkan usahanya. Selain itu, program ini juga dimaksudkan sebagai apresiasi Tokopedia atas kepercayaan dan pencapaian bisnis pelanggannya.
“Tokopedia mencermati bagaimana para wirausahawan memulai dan mengembangkan bisnisnya melalui platform kami. Untuk mengapresiasi kepercayaan mereka terhadap Tokopedia, serta pencapaian bisnis para penjual, kami memperkenalkan Program Bonus Hari Raya Tokopedia,” jelas Wakil Presiden Tokopedia. Kategori Perkembangan Ramadhan Niendraputra.
Tak lupa, Ramadan juga mengucapkan selamat kepada para pemenang program yang dipersembahkan pihaknya. Ia berharap Tokopedia dapat terus membantu perkembangan usaha kecil dan menengah di Indonesia.
“Tokopedia mengucapkan selamat kepada para pemenang program ini. Dengan diperkenalkannya program bonus Hari Raya Tokopedia dan berbagai inisiatif lainnya bagi para penjual, kami berharap dapat terus membantu pertumbuhan dan perkembangan mitra bisnis di Indonesia, termasuk UKM lokal, bersama Tokopedia, sekaligus bersama-sama kami mewujudkan kesetaraan keuangan di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi,” tutupnya. Saksikan video “Tokopedia: Kategori sembako paling diincar selama Ramadhan 2024” (prf/ega)