Jakarta –

Read More : Toyota Eco Youth: Saatnya Limbah Kotoran Sapi Jadi Kompos Berbasis Tenaga Surya

Mitsubishi Triton generasi terbaru siap dijual di Indonesia. Faktanya, pangsa pasar dua taksi di Indonesia berbeda dengan Thailand.

Hikaru Mii, Direktur Strategi Produk PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan sebagian besar pengguna kabin ganda di Indonesia digunakan untuk keperluan bisnis.

“Di Indonesia presentasi terbesar Triton adalah untuk digunakan pada armada seperti batu bara, tambang, perkebunan. Jadi kondisinya juga sangat ekstrim, berbeda dengan negara lain yang menggunakan double kabin pada kendaraan sehari-hari, termasuk Thailand yang mana diproduksi, karena “Diperkenalkan di Indonesia, jadi sudah tahap akhir bagaimana kami bisa meningkatkan kualitas Triton ini agar pelanggan kami bisa menggunakannya di armada dengan medan yang cukup sulit”, ujarnya Hikaru Mii di Jakarta Selatan pada Kamis (16/05/2024).

Ia pun membenarkan soal Triton baru asal Indonesia. Besar kemungkinan Triton baru akan dihadirkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

“Dalam waktu dekat pasti akan masuk ke Indonesia menggantikan model sebelumnya, makanya akan kami umumkan dalam momen tersendiri,” imbuhnya.

Di Thailand, Triton mengusung label “All New”, yang jelas Triton dibekali desain baru, mesin yang diperbarui, bahkan teknologi yang lebih modern.

Mitsubishi mendefinisikan desain Triton baru sebagai “Beast Mode”, yang bertujuan untuk mengekspresikan ketangguhan dan tenaga truk pikap.

Aksen Dynamic Shield khas bahasa desain modern Mitsubishi ada pada New Triton. Tunggangannya terlihat mengintimidasi berkat gril depan berbentuk persegi panjang yang diapit tiga lampu LED berbentuk L yang dikatakan menyerupai tatapan tajam elang. Beralih ke bagian belakang, lampu belakang berbentuk T di kanan-kiri pintu belakang.

Dimensi pikap double cab ini pun mengalami peningkatan. Panjang Triton baru adalah 5360 mm (+55 mm), lebar 1930 mm (+115 mm) dan tinggi 1815 mm (+35 mm).

Dengan dimensi baru, Triton telah berubah dari salah satu pikap terkecil di kelasnya menjadi salah satu yang terbesar. Sebagai perbandingan, Toyota Hilux saat ini bermesin 2,8 liter turbodiesel memiliki panjang 5325mm, lebar 1855mm, tinggi 1815mm, dan jarak sumbu roda 3085mm.

Angka-angka ini untuk model 4WD, sedangkan model 2WD dan Club Cab baru dari Triton sedikit lebih kecil dengan panjang 5320mm, lebar 1865mm, dan tinggi 1795mm. Sementara dimensi kabinnya 5.265 mm, lebar 1.865 mm, dan tinggi 1.765 mm.

Meski dimensinya lebih ringan, Mitsubishi menyebut bodi barunya lebih ringan berkat penggunaan kekuatan tarik 1.180 MPa pada konstruksinya.

Sedangkan untuk mesinnya, Triton ditawarkan dengan mesin 4N16 berkapasitas 2.422 cc turbo. Ada tiga pilihan angka tenaga dan torsi mesin ini. Dari tenaga 148 CV dan torsi 330 Nm, ada yang 181 CV dan torsi 430 Nm, hingga mesin 201 CV dengan torsi 470 Nm.

Dari segi keselamatan, Triton baru ditawarkan dengan sistem bantuan pengemudi yang sama, antara lain Forward Collision Mitigation (Autonomous Emergency Braking), Blind Spot Alert (Blind Spot Monitoring) dengan Lane Change Assist, dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Tambahan besar di sini adalah cruise control adaptif, fitur yang tidak dimiliki model sebelumnya. Sistem pasif lain yang masih dilengkapi antara lain Active Stability Control (ASC), Traction Control, Hill Descent Control, dan Hill Start Assist. Tonton video “Pemilik Pajero Sport Sering Sombong, Mitsubishi Ajarkan” (riar/rgr)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *