Jakarta –
Perusahaan perjalanan Expedia memperkirakan bahwa tren perjalanan baru yang menarik bagi generasi muda akan muncul pada tahun 2025, yang disebut “pariwisata supermarket”.
“Wisata supermarket” adalah praktik bepergian untuk mencari makanan atau barang lain di toko-toko di seluruh dunia. Melansir Mirror, Jumat (25/10/2024), tahun 2025 diprediksi menjadi tahun ‘pariwisata supermarket’ bagi Gen Z.
Expedia mengatakan Gen Z hanya akan terbang atau melakukan perjalanan ke tujuan tertentu untuk mencari makanan atau produk yang tidak ditemukan di negara atau wilayah lain. Contohnya adalah pengguna TikTok bernama Jessica Jane.
Ia pergi ke Santorini, Yunani dan mengunjungi supermarket di kawasan tersebut, Jessica kemudian mendokumentasikannya dan membagikannya ke media sosial. Dalam video yang diunggahnya, Jessica mengambil Oreo dengan berbagai rasa, Lays rasa Pizza Hut, dan Lacto Chocolate rasa Banoffee.
“Menurut saya berbelanja di supermarket di negara lain adalah bagian dari pengalaman baru, Anda harus mencobanya!”
Akun TikTok lainnya @marissainchina menceritakan pengalamannya mengunjungi supermarket di Malaysia dalam sebuah video yang menjadi viral. Menurutnya, dengan pergi ke toko kelontong, Anda tidak hanya melihat budaya setempat, tapi juga mendapatkan hal lain.
Ia berkata: “Apakah jalan-jalan ke toko kelontong bisa disebut wisata? Karena Anda tidak hanya akan mengenal budaya lokal, tetapi Anda akan menemukan banyak hal untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.”
Daniela Araujo yang merupakan warga negara Amerika mengatakan melalui platform yang sama agar wisatawan asing yang datang ke negaranya segera mengunjungi Walmart, Target, atau Trader Joe’s.
“Saya menyukai konsep belanja bahan makanan karena saya tahu ketika orang-orang mengunjungi Amerika, hal pertama yang ingin mereka lakukan adalah pergi ke Target. Tempat ini menyukai berbagai sereal, permen, dan sebagainya,” kata Daniela.
Melihat perbedaan situasi di media sosial, Expedia menyebutkan tren pariwisata di tahun 2025 akan menyebabkan banyak anak muda pergi ke supermarket di luar negeri.
“Pada tahun 2025 akan ada banyak turis seperti mereka yang bekerja di platform tic-tac, mengemas mentega Prancis dalam pendingin perjalanan, membeli sarden dari Portugal, atau terbang ke belahan dunia lain untuk membeli coklat batangan yang sedang viral. kata perusahaan perjalanan itu. . .
“Daripada berfoto selfie di Hollywood Walk of Fame, Jenderal Z malah langsung menuju bandara dengan pesawat. Ini adalah era baru oleh-oleh, di mana para pelancong menginap untuk mendapatkan sesuatu,” lanjut pernyataan itu. .
“Wisata supermarket pada dasarnya adalah pengalaman menjelajahi berbagai gerai ritel, mulai dari toko khusus hingga supermarket di seluruh dunia yang telah menjadi tempat wisata. Pandangan mendalam terhadap tempat belanja mingguan di negara lain memungkinkan wisatawan untuk makan, Memberikan wawasan tentang budaya lokal melalui bahan-bahan dan kebiasaan berbelanja.
Supermarket dan toko kelontong sering kali memberikan wawasan tentang tradisi kuliner daerah, makanan populer, dan kehidupan sehari-hari penduduk setempat. Misalnya saja jika Anda mengunjungi Trader Joe’s atau Walgreens di Amerika Serikat. Wisatawan akan menemukan berbagai hidangan Thanksgiving, bahan-bahan musiman, dan makanan ringan bertema Halloween.
Lalu muncullah labu latte, yang awalnya berasal dari AS, dan kini menjadi favorit musiman di Inggris juga. Dengan banyaknya pembuat konten di media sosial, makanan dan makanan tertentu menjadi viral dan menginspirasi wisatawan untuk mencarinya saat mengunjungi negara tersebut.
Ketertarikan masyarakat terhadap supermarket bahkan mencapai tingkat yang luar biasa. Omega Mart adalah gabungan toko kelontong, galeri seni, dan pengalaman mendalam di Las Vegas, Amerika Serikat.
Pengunjung dapat menjelajahi pasar seolah-olah mereka sedang berbelanja di toko kelontong biasa, namun semua produk memiliki tampilan yang unik, dan beberapa produk memiliki pintu dan terowongan di belakangnya yang mengarah ke bagian lain supermarket. Berbagai produk yang dijual di Omega Mart antara lain air rawa yang menawarkan pengalaman luar biasa bagi wisatawan. Simak video Sosowono percaya pemuda kreatif Jakarta, janjikan akses permodalan (upd/wsw)