Jakarta –
Terowongan laut jenis ini akan menjadi yang terpanjang di dunia jika selesai dibangun. Mega proyek ini bukan di China yang belakangan sedang membangun infrastruktur transportasi.
Melansir CNN, Kamis (27/6/2024), terowongan laut tersebut berada hingga 40 meter di bawah Laut Baltik. Mahakarya ini akan menghubungkan Denmark dan Jerman serta mengurangi waktu perjalanan saat dibuka pada tahun 2029.
Bagian terowongan pertama dari Terowongan Fehmarnbelt dibuka pada 17 Juni oleh Raja Fredrik X dari Denmark. Itu adalah momen bersejarah empat tahun setelah konstruksi dimulai pada tahun 2020, lebih dari satu dekade ke depan.
Denmark, sebelah timur Rodbyhavn, pabrik yang akan membangun 89 bagian beton besar yang membentuk terowongan itu selesai tahun lalu.
Fermern A/S, perusahaan milik negara Denmark yang bertanggung jawab atas proyek tersebut, mengatakan pabrik tersebut merupakan fasilitas produksi terbesar dan tercanggih.
Terowongan laut ini akan sepanjang 18 kilometer dan merupakan salah satu proyek infrastruktur terbesar di Eropa. Anggaran konstruksi lebih dari 7 miliar euro.
Sebagai perbandingan, Terowongan Channel sepanjang 50 kilometer yang menghubungkan Inggris dan Prancis, yang selesai dibangun pada tahun 1993, menelan biaya setara dengan £12 miliar (US$13,6 miliar) saat ini.
Meskipun lebih panjang dari Terowongan Fehmarnbelt, Terowongan Saluran dibuat menggunakan mesin bor daripada memasang bagian terowongan prefabrikasi.
Jalur ini akan dibangun di sepanjang Fehmarn Belt, selat antara Pulau Fehmarn di Jerman dan Kepulauan Lolland di Denmark. Keberadaannya dirancang sebagai alternatif layanan feri yang ada saat ini, yakni dari Rødby dan Puttgarden yang mengangkut jutaan penumpang setiap tahunnya.
Jika saat ini perjalanan memakan waktu 45 menit dengan kapal feri, maka hanya membutuhkan waktu tujuh menit dengan kereta api dan 10 menit dengan mobil.
Terowongan yang secara resmi diberi nama Fehmarnbelt Fixed Link ini juga akan menjadi terowongan jalan raya dan kereta api terpanjang di dunia.
Terowongan tersebut direncanakan terdiri dari dua jalan raya ukuran ganda yang dipisahkan oleh terowongan teknis dan dua jalur kereta api berlistrik. Saksikan video “Balapan Stand Up Speed Sumba Timur” (msl/fem)