Jakarta –

Telkomsel berhasil meraih penghargaan pada IDC Future Enterprise Awards 2024 di Singapura untuk kategori “Best in the Future of User Experience” yang diselenggarakan di Indonesia.

Penghargaan ini merupakan pengakuan atas inisiatif Telkomselin dalam memperkenalkan solusi layanan pelanggan inovatif berbasis Artificial Intelligence (AI-Powered Digital Smart Care atau AI DSC).

IDC Future Enterprise Awards 2024 merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh International Data Corporation (IDC) yang berbasis di Amerika Serikat dan telah diadakan secara rutin sejak tahun 2017. Indonesia.

Acara ini merupakan tolok ukur utama bagi inovasi dan strategi digital dalam lingkungan bisnis yang terus berkembang.

Solusi AI DSC telah diterapkan di lebih dari 800 titik layanan pelanggan Telkomsel termasuk Grapari, call center, dan e-care. AI DSC juga merupakan jawaban atas tantangan peningkatan komunikasi dengan pelanggan yang menuntut respons lebih cepat dan akurat setelah IndiHome bergabung dengan bisnis Telkomcel pada tahun 2023.

Dengan pendekatan end-to-end berbasis Telkomsel AI (Hyper AI) yang bertujuan untuk memberikan layanan jaringan lebih baik yang berpusat pada kebutuhan pelanggan, solusi AI DSC mempercepat akses informasi bagi agen layanan pelanggan dan meningkatkan akurasi respons. dan memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten dan berkualitas tinggi di semua interaksi.

“Solusi layanan pelanggan berbasis AI menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih baik sekaligus membangkitkan semangat untuk mengembangkan inovasi digital yang memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.” Penghargaan ini menunjukkan komitmen Telkomcel dalam penerapan AI di seluruh bidang bisnis dan operasional,” kata Direktur IT Telkomcel Joyce Shea dalam keterangan tertulis, Selasa (12/3/2024).

Dalam ekosistem DSC AI, implementasi AI memanfaatkan sumber daya dari Knowledge Management System (KMS), yang berfungsi sebagai referensi pengetahuan untuk produk dan layanan Telkomcel, memfasilitasi lebih dari 4.500 agen layanan pelanggan, lebih dari 6.000 karyawan, dan lebih dari 300.000 karyawan. Untuk mendapatkan jawaban terbaik direkomendasikan secara real-time untuk mitra reseller.

Menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami dan saran jawaban berbasis konteks, sistem AI menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan akurat, mengurangi waktu penanganan hingga 50%.

Selain itu, ekosistem AI DSC memiliki core DSC dashboard yang berfungsi sebagai hub operasional dan mencakup kebutuhan fixed broadband IndiHome dan mobile broadband Telkomselin; AntreAja mengoptimalkan proses menunggu, meningkatkan efisiensi layanan dan kepuasan pelanggan di GPARI; Kasir bertindak sebagai layanan transaksi terdepan dalam ekosistem DSC, memastikan operasional keuangan yang cepat dan akurat sekaligus meningkatkan keandalan layanan secara keseluruhan.

“Pemenang Future Enterprise Award 2024 dari Indonesia menunjukkan bagaimana organisasi menggunakan kecerdasan buatan dan platform digital untuk berinovasi, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan memberikan nilai yang lebih besar kepada masyarakat.” Salah satunya adalah Digital Smart Care berbasis AI TelkomCelin yang menunjukkan bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang,” jelas Direktur Riset IDC Asia/Pasifik Melvi Espejo.

Detail selengkapnya mengenai solusi AI DSC Telkomsel di IDC Future Enterprise Awards dapat diakses di idc.com. “Seberapa cepat 5G Telkomsel di Bali?” Tonton videonya. (prf/ego)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *