Jakarta –

Read More : HUT Jakarta, Anies Baswedan: Jakarta Bukan Sekadar Gedung-gedung Belaka

Telkom tengah menggalakkan perluasan penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) di Indonesia. Ini adalah cara bagi sektor publik untuk beradaptasi dengan meningkatnya penggunaan AI.

Strategi utama AI Telkom bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi baik secara internal maupun eksternal, serta menerapkan inovasi yang dapat membantu bisnis dan membuka peluang bisnis baru.

Apa yang dilakukan Telkom sejalan dengan salah satu rekomendasi Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yaitu membantu menciptakan infrastruktur AI, seperti lingkungan yang aman dan terlindungi, serta internet berkecepatan tinggi dan platform cloud. pemrosesan dan penyimpanan data yang tepat.

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan solusi yang memenuhi kebutuhan berbagai kalangan, termasuk mengembangkan solusi penggunaan teknologi AI. Saat ini kami memiliki pusat pengembangan AI yang aman,” kata EVP Digital Business and Technology Telkom. , Komang Budi Aryasa dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/7/2024).

Salah satu produk BigBox yang dikelola oleh Leap-Telkom Digital ini memiliki produk bernama BigVision yang dilengkapi AI. BigVision dapat menganalisis dan mengidentifikasi populasi suatu komunitas, menghitung jumlah orang di sana, dan mengidentifikasi tren dalam komunitas.

Teknologi BigVision berguna bagi berbagai perusahaan untuk mendeteksi perilaku karyawan dan perilaku orang lain di tempat umum seperti sekolah, bandara, terminal, terminal mobil, dan tempat keramaian.

Selain itu, Telkom juga mengembangkan AI berupa chatbot yang membantu berbagai segmen menemukan solusi terbaik. Di ekosistem myIndibiz, terdapat chatbot bernama Bizy yang dapat membantu UKM di Indonesia menemukan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka terhadap produk dan layanan elektronik di Leap-Telkom Digital.

Bisnis juga mampu mengatasi kemacetan pelanggan tanpa mengorbankan biaya atau efisiensi. Bizy telah mampu secara signifikan mengurangi waktu respons untuk pertanyaan pelanggan.

Fitur lain dari BigBox, BigAssistant, adalah solusi berbasis AI yang membantu pengguna memantau dan memberikan informasi tambahan melalui interaksi seperti chatbots. Sistem ini menggabungkan teknologi chatbot dengan manajemen pengetahuan untuk memberikan jawaban topikal dan relevan terhadap pertanyaan pengguna sesuai kebutuhan.

Pelaku usaha digital menyetujui rencana perluasan layanan AI yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi berbagai bisnis di Tanah Air.

Sebab, ke depan penggunaan teknologi AI di bidang pelanggan akan sangat terdampak. Dari obrolan pelanggan awal hingga penilaian dan evaluasi kualitas.

“AI sering dikira akan meredam perilaku masyarakat masa kini yang menginginkan semuanya sekaligus tanpa adanya keinginan untuk belajar. Namun Tanya Pijar tidak seperti itu, ia mengedepankan pendidikan perilaku. Arfan Wicaksono, Head of Knowledge & AI Enclave Collaboration. Saksikan video “Lihat Robot di Pameran AI China” (agt/fay)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *