Jakarta –
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah meluncurkan Yamaha NMax baru di Indonesia. Khusus varian teratas, kendaraan ini dibekali teknologi ‘Turbo’ yang membuat mesin lebih responsif dibandingkan model sebelumnya.
Keputusan Yamaha menggunakan kata ‘Turbo’ pada NMax baru mendapat kritik dari banyak pihak. Sebab, banyak orang yang menganggap teknologi ini hanya sekedar pajangan. Apakah begitu?
Assistant GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing atau YIM, Antonius Widientoro menjelaskan, pihaknya menggunakan kata ‘turbo’ untuk memudahkan konsumen mengingat teknologi tersebut. Sederhananya, ‘Turbo’ merupakan jargon pemasaran Yamaha Continuously Variable Electric Transmision atau YECVT.
“Itu (nama Turbo) sebenarnya untuk menyampaikan teknologi terkini Yamaha yang menggunakan YECVT. Kami mencoba mencari kata atau istilah yang lebih mudah dipahami,” kata Anton asal Kabupaten Bogor, Jawa Barat, saat ditemui, Jumat (21/6). ,
Dia menambahkan, “Yah, turbo adalah sebuah pilihan, tapi bukan sekedar nama. Sebenarnya ada kesan turbo, karena teknologi ini ada di dalam mesin.
Terakhir, ia menegaskan bahwa turbo pada Enmax baru bukan sekadar gimmick. Sebab kendaraan sebenarnya sudah mengalami peningkatan respon. Pemilihan nama tersebut hanya untuk memudahkan konsumen mengingat teknologi terkait.
“Makanya kami berkomunikasi menggunakan istilah turbo yang lebih mudah dipahami untuk memperkenalkan teknologi YECVT kepada konsumen,” ujar Anton Mengenal Teknologi Turbo di New Maxx.
Pada NMax baru, akselerasinya berasal dari teknologi YECVT, berbeda dengan turbo pada mobil yang menggunakan gas buang. Jadi transmisinya mendapat bantuan motor listrik untuk menggerakkan pulley depan dan mengubah kinerja roller kiri.
Terdapat Y-Shift pada NMX Turbo yang mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya membantu pengemudi berakselerasi dengan cepat menuju kecepatan dengan tiga level, low (1), medium (2) dan high, layaknya a turbo.adalah. (3) Oleh karena itu cocok untuk kendaraan depan dan buldoser lereng.
Berdasarkan pengujian internal Yamaha, fitur turbo ini mampu berakselerasi dari nol hingga 100 meter dalam waktu 7,2 detik. Sedangkan NMax versi sebelumnya membutuhkan waktu 7,43 detik.
NMX Turbo mampu menempuh jarak 200 meter lebih cepat dibandingkan NMX generasi sebelumnya, dengan selisih jangkauan 9,2 meter.
Menggunakan teknologi tersebut, NMX Turbo menghadirkan fitur riding mode yang menawarkan dua pilihan yaitu T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring) yang dapat dioperasikan melalui tombol “Mode” di bagian depan kendaraan. dapat dilakukan. , Stang.
Mode T untuk perjalanan dan mode S untuk mode olahraga. Sedangkan mode T digunakan untuk perkotaan, sedangkan mode S dapat digunakan untuk touring, jalan kasar, pembonceng, dan menyalip kendaraan lain. Tonton video “Perbedaan Yamaha NMX Turbo dan NMX Lama: Lebih Baik Beli Baru atau Berhenti Saja?” (sfn/kering)