Jakarta –
Menanggapi rencana aksi ribuan pengendara sepeda motor online (Ojol) yang akan terjadi hari ini, Grab memberikan tanggapannya. Perusahaan aplikasi tersebut menyatakan akan mendengarkan keinginan pengemudi dan berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan.
Hal tersebut disampaikan oleh Tirza Munusamy, Head of Community Affairs Grab Indonesia. Ia mengatakan, pihaknya selalu menghormati hak mitra pengemudi untuk menyampaikan pendapat.
Menurutnya, Grab juga menyediakan wadah bagi para mitra untuk menyampaikan pendapat dan sarannya melalui berbagai saluran komunikasi yang ada, termasuk layanan Grab Support dan kegiatan tatap muka antara agen Grab dan komunitas Mitra Pengemudi.
“Grab selalu menghormati hak mitra pengemudi untuk menyampaikan pendapat dan keinginannya, selama dilakukan dengan lancar, damai, dan sesuai peraturan terkait,” ujarnya dalam keterangannya kepada detikcom.
Ia menambahkan, perlu diketahui bahwa harga layanan pengiriman Grab telah diperhitungkan secara matang sesuai dengan Pasal 3 Permenkominfo No. 1/Per/M.Kominfo/01/2012 tentang Peraturan Pelayanan Pos Komersial. Dirancang untuk melindungi pendapatan mitra pengemudi dan permintaan pasar terhadap layanan Grab.
“Kami menjamin Grab Indonesia tidak akan pernah mengurangi keuntungan mitra pengemudi dalam memberikan diskon kepada pelanggan*. Seluruh biaya iklan yang digunakan Grab berasal dari perusahaan dan dimaksudkan untuk membantu meningkatkan permintaan pelanggan, yang pada gilirannya diharapkan dapat memberikan dampak positif. berdampak pada pendapatan Pemandu,” jelasnya.
Okupansi mengikuti praktik bisnis yang baik dan selalu berupaya memberikan perlindungan dan manfaat ketenagakerjaan kepada Mitra Pengemudinya, sebagai berikut:1. Ini menyediakan akses ke berbagai jenis perlindungan
– Jaminan kecelakaan kerja. Kini Grab telah menjalin kerjasama dengan PT. Asuransi MNC Indonesia. Perlindungan ini berlaku bagi rekanan yang bekerja untuk Grab, termasuk jika rekanan tersebut menjadi korban tindak pidana kekerasan atau kecelakaan karena penyakit yang dideritanya, selama rekanan tersebut tidak melanggar peraturan lalu lintas.
– Asuransi Kesehatan. Saat ini, Grab bermitra dengan Allianz Insurance untuk menawarkan pilihan asuransi kesehatan yang terjangkau bagi mitra, termasuk rawat inap, rawat jalan, dan perawatan gigi.
– Pekerjaan BPJS. Untuk memudahkan pendaftaran Asuransi Kecelakaan Kerja (JKK) dan Asuransi Kematian (JKM) yang dapat diakses langsung dari Aplikasi Mitra Grab.2. Memberikan Pelatihan Keselamatan Mitra Grab (PAKEM)
Pelatihan dilakukan secara tatap muka dan berkala mengenai permasalahan kualitas pelayanan, kekerasan seksual dan keselamatan pengemudi. Selain itu, Grab menawarkan ratusan sarana pelatihan online berbeda di Akademi Grab yang diharapkan dapat meningkatkan dan meningkatkan keterampilan dan kualitas kerja Mitra.3. Menawarkan manfaat GrabBenefits
GrabBenefits dapat membantu kebutuhan hidup Anda dan juga mengurangi biaya operasional. Mitra Grab bekerja sama dengan mitra bisnisnya untuk mengembangkan berbagai manfaat seperti:
– Paket harga khusus yang dapat digunakan oleh Mitra Pengemudi, mulai dari kebutuhan pokok, makanan dan minuman, layanan kesehatan dan hiburan – diskon/diskon untuk berbagai kebutuhan seperti paket data, optik, rambut, aksesoris ponsel, hingga asuransi. Tonton video Catch Indonesia tambah 1.000 mobil listrik (af/afr)