Jakarta –
Produsen mobil asal China Geely dipastikan akan kembali ke Indonesia pada semester I 2025. Geely bukan kali pertama hadir di Indonesia, sebelum pabrikan mobil di Negeri Panda ini mengalami persaingan yang ketat di industri mobil Tanah Air pada tahun 2011. , dan dijadwalkan untuk menyelesaikan perjalanan mereka pada tahun 2017.
Kini setelah babak baru dibuka, Geely menyatakan siap kembali bersaing di Indonesia dengan jajaran terbarunya dan menegaskan akan mengandalkan varian SUV listriknya sebagai langkah awal kembalinya ke Indonesia.
Mengandalkan produk terbaik saja tidak cukup, Geely tahu persis apa yang harus dilakukan untuk menyembuhkan luka lama para pecinta mobil Tanah Air pasca Geely meninggalkan Tanah Air pada tahun 2017 lalu. Seperti yang diungkapkan Wakil Presiden Geely Auto Michael Song di China
Pria yang kerap disapa Song ini menegaskan, dirinya lebih berhati-hati setelah sebelumnya berusaha bertahan di pasar Indonesia.
“Pasar mobil Indonesia telah mencapai penjualan satu juta unit setiap tahunnya, menjadikannya pasar yang sangat besar secara global. Bagi Geely, Indonesia adalah pasar strategis yang sangat penting,” kata Michael Song kepada wartawan termasuk detikOto di Sirkuit Internasional Ningbo China pekan ini.
“Kami perlu memiliki pemahaman mendalam tentang permintaan pelanggan saat ini dan mengembangkan tren masa depan untuk mengembangkan serangkaian langkah strategis termasuk produk, lokalisasi, dan saluran. Untuk itu, kami akan mendirikan perusahaan penjualan lokal di Indonesia, menetapkan matriks produksi, dan membangun sistem yang lengkap.
Dengan dukungan pemerintah Indonesia terhadap keberlanjutan kendaraan yang menggunakan energi terbarukan, lanjut Song, Indonesia menjadi negara yang menarik bagi merek global untuk bersaing.
Otoritas setempat telah menetapkan tujuan pengembangan untuk masa depan kendaraan energi baru, yang diharapkan dapat mencapai penjualan 350.000 kendaraan pada tahun 2030, yang mencakup lebih dari sepertiga pangsa pasar, yang merupakan informasi yang sangat penting dan sangat penting serta menggembirakan tentang Geely. . . “Bagi Geely, pasar ini penting karena kami dapat memasuki pasar secara hati-hati dan terus-menerus dengan menyediakan produk berkualitas tinggi dan layanan bernilai tinggi bagi pelanggan.”
Song tak memungkiri, segmen kendaraan serba guna listrik (MPV) menjadi salah satu sektor yang dianggap Geely sukses di pasar Indonesia.
“Sekarang kami melihat MPV dan model lainnya memiliki volume yang tinggi di pasar Indonesia, dan pasar SUV segmen B dan segmen C semakin berkembang. Tren paling jelas yang bisa kita lihat adalah pertumbuhan pasar kendaraan energi baru.
Pada tahun pertama kembalinya ke Indonesia, Geely akan membuka 10 diler. PT Geely Auto Indonesia menegaskan seluruh diler masih hanya di Pulau Jawa. Tonton video “Review Neta X: Mobil Listrik ‘Murah’ yang Sangat Kompleks!”(Pen/lt)