Jakarta –

Perusahaan riset pasar Ipsos mengumumkan hasil survei bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming terpopuler untuk brand lokal dan UMKM pada tahun tersebut. Hal ini berdasarkan survei terhadap pengecer produk lokal dan UMKM di Indonesia.

Dalam studi bertajuk “E-Commerce Live Streaming Trends for Sellers” 2023 menampilkan keadaan dan kondisi pasar digital pada kuartal III – 2023. Survei tersebut dikirimkan kepada brand lokal dan UMKM dengan menggunakan berbagai faktor di pasar melalui Panel internet IPSOS Shopee Live menjadi yang terbaik pada indikator fitur live streaming yang paling diingat oleh brand lokal dan UMKM (Top of Mind/.TOM) dengan persentase 77 persen, mengalahkan pesaing terdekatnya Tiktok Live sebesar 19 persen.

Sedangkan menurut indeks fitur siaran langsung yang paling banyak digunakan oleh merek lokal dan UMKM (Most Used Type/BUMO), Shopee Live memiliki 72 persen, dibandingkan TikTok Live 26 persen, Shopee Live (82%) dan merupakan yang paling banyak digunakan. platform. dipilih untuk kebutuhan pemasaran merek lokal dan UMKM, jauh mengungguli TikTok Live sebesar 18 persen. “Di penghujung tahun 2023, kita telah melihat bagaimana kehadiran Shopee Live mendominasi pasar live streaming. Penjual Pada tahun 2024, dunia e-commerce ditandai dengan perubahan penting. “Tantangan semakin kuat dan bermunculan pemain-pemain baru,” kata CEO IPSOS Indonesia Andi Sukma pada Jumat, 7 Juni 2024. Melihat survei yang dilakukan IPSOS, Shopee Live merupakan fitur live streaming unggulan “dalam berbagai aspek utama yang dilihat oleh perusahaan lokal dan UMKM, seperti memberikan layanan terbaik dan memberikan pertumbuhan keuntungan yang tinggi,” ujarnya. .

Oleh karena itu, jika Shopee terus mempertahankan keunggulan fitur ini bagi para merchant, lanjut Andi, diprediksi tahun ini Shopee Live juga akan kuat di antara fitur-fitur yang dipilih oleh brand dan UMKM lokal, menjadi faktor penting yang mempengaruhi prioritas merchant saat memilih fitur. streaming langsung di platform e-niaga

Melalui live streaming, brand lokal dan UKM dapat berkomunikasi secara real time, menjawab pertanyaan dan menyampaikan informasi langsung kepada konsumen. Dan konsumen Berdasarkan studi IPSOS pada akhir tahun 2023, Shopee Live menunjukkan keunggulan terbesar dalam memberikan layanan terbaik kepada perusahaan lokal dan UMKM, sebesar 67 persen, dibandingkan TikTok Live (25%), Lazada Live (). 5 persen) dan Tokopedia Play (3 persen). Hal ini sejalan dengan hasil survei IPSOS, dimana Shopee Live (63 persen) dinilai oleh perusahaan lokal dan UMKM sebagai live streaming dengan fitur interaktif terbaik, disusul TikTok. Live (25 persen), Lazada Live (7 persen) dan Tokopedia Play (6 persen).2. peningkatan pendapatan

Fitur live streaming juga diutamakan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda kepada pelanggan, serta berdampak pada pasar produk lokal dan UMKM dibandingkan platform e-commerce, lebih dari separuh (67 persen) produk lokal setuju. bahwa Shopee Live memberikan peningkatan keuntungan bisnis terbesar, melampaui TikTok Live (25 persen), Tokopedia Play (4 persen) dan Lazada Live (4 persen) juga dipilih merchant sebagai fitur live streaming dengan keuntungan terbaik (67 persen). , diikuti oleh TikTok Live (26%), Tokopedia Play (4%) dan Lazada Live (3%). Kontribusi terhadap pertumbuhan bisnis

Di Indonesia, brand dan UMKM lokal mengindikasikan bahwa Shopee Live memegang posisi dengan 64 persen sebagai fitur live streaming yang paling membantu pertumbuhan brand dan UMKM lokal, mengungguli TikTok Live (27%), Lazada (6%) dan Tokopedia Play (3 ). ). persentase. 65 persen brand lokal dan UMKM menilai program edukasi yang ditawarkan Shopee Live sangat berguna dan bermanfaat bagi para penjual. Hal ini menunjukkan komitmen platform untuk membekali pemasar dengan pengetahuan dan pengalaman untuk mendapatkan manfaat penuh dari penjualan live streaming, selain itu, adopsi program di-komersial serupa lainnya masih tertinggal dibandingkan TikTok Live (28%), Lazada Live. (5 persen) dan Tokopedia Play (3 persen).’

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *