Jakarta –

TransJakarta berperan penting dalam upaya mengurangi kemacetan di Jakarta. Mereka punya strategi agar pengemudi beralih arah ke angkutan umum.

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) didirikan pada tahun 2014 dan mulai beroperasi pada tahun 2015. TransJakarta mengelola dan mengoperasikan sistem BRT sebagai salah satu solusi transportasi kota.

Wisatawan luar kota juga bisa menggunakan transportasi ini untuk berkeliling Jakarta. Tak hanya fokus mengurangi kemacetan, TransJakarta juga baru-baru ini mengadopsi struktur berkelanjutan.

Hal ini dilakukan tidak hanya untuk mengatasi kemacetan lalu lintas tetapi juga untuk mengurangi polusi udara.

“Baru-baru ini kami mulai mengadopsi kerangka keberlanjutan, jadi yang pertama adalah mengurangi kemacetan, yang kedua juga merupakan solusi untuk mengurangi emisi atau polusi udara,” kata CEO TransJakarta Welfizon Yuza dalam wawancara dengan detikTravel beberapa waktu lalu.

Menurut Welfizon, peralihan masyarakat dari kendaraan pribadi ke angkutan umum dapat memberikan dampak signifikan terhadap penurunan emisi karbon.

“Jika setiap orang yang menggunakan kendaraan pribadi terus beralih ke bus, maka emisi yang dihasilkan per orang per perjalanan akan berkurang sebesar 94%. Jadi sebenarnya kalau masyarakat beralih dari mobil pribadi ke bus TransJakarta, emisinya akan berkurang signifikan,” jelas Welfizon.

Selain itu, TransJakarta kini juga mengoperasikan armada yang menggunakan tenaga listrik berbasis baterai sehingga tidak menghasilkan emisi apa pun. Ini adalah bagian penting dari transisi Jakarta menuju transportasi ramah lingkungan.

Untuk mengatasi kemacetan lalu lintas, pemerintah negara bagian DKI mempunyai strategi besar yang dikenal dengan strategi dorong dan strategi tarik menjelaskan bahwa strategi dorong bertujuan untuk membatasi penggunaan kendaraan pribadi melalui kebijakan seperti aturan ganjil genap, menaikkan tarif parkir kendaraan dan parkir. biaya. pajak progresif.

“Strategi tekanan seperti pembatasan kendaraan, ada ganjil dan genap, lalu tarif parkir naik, ada pajak progresif, itu dorongan agar masyarakat bergerak,” kata Welfison.

Di sisi lain, strategi atraksi bertujuan untuk membangkitkan minat masyarakat dalam menggunakan angkutan umum, meningkatkan kualitas dan kapasitas pelayanan.

“Strategi atraktif, artinya atraktif, adalah apa yang diinstruksikan TransJakarta untuk memanfaatkan faktor-faktor lain untuk dapat menyiapkan pelayanan angkutan dengan pelayanan yang baik, berkapasitas besar, sehingga jika kualitas pelayanan angkutan umum baik, masyarakat dapat bersirkulasi secara sukarela,” dia menambahkan.

Dengan menerapkan strategi traksi ini, TransJakarta akan menyediakan layanan transportasi berkualitas dan berkapasitas tinggi bagi masyarakat untuk secara sukarela beralih dari kendaraan pribadi.

Kedua strategi ini berjalan beriringan untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu mengalihkan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum.

Menurut Welfizon, TransJakarta tidak menyebut pengguna jasanya sebagai penumpang karena istilah tersebut memiliki makna negatif.

Prioritas utama kami adalah memastikan bahwa kami memberikan pelayanan prima kepada seluruh pelanggan kami. Kami tidak menyebut orang Transjakarta karena penumpang berkonotasi negatif. Penumpang umumnya gratis, jadi kami tidak mengharapkan pelayanan yang baik, jadi kami selalu menelepon pelanggan. pengguna meskipun mereka berada di pesawat.

Dalam operasional sehari-hari, TransJakarta memastikan setiap anggota armada dan pengemudi siap beroperasi dengan aman dan nyaman. Sebelum dioperasikan, setiap armada menjalani pemeriksaan kepatuhan untuk memastikan hanya bus yang sesuai yang dioperasikan.

“Armada, sebelum mengoperasikan armada dilakukan studi kelayakan setiap hari, kami hanya mengoperasikan bus yang layak dan dalam kondisi baik,” kata Velfizon.

Tak hanya armada, pengemudi juga menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisinya fit bekerja setiap hari sebelum memasuki layanan.

Dengan sistem yang terstruktur dan berkelanjutan, TransJakarta tidak hanya berkontribusi dalam mengurangi kemacetan dan polusi udara, tetapi juga meningkatkan kualitas layanan transportasi umum di Jakarta.

Welfizon berharap langkah-langkah ini dapat membantu menciptakan Jakarta yang lebih bersih, aman, dan nyaman bagi seluruh warganya, serta warga kota tetangga lainnya. RK percaya dengan udara Jakarta yang hangat dan berencana memasang AC di halte TJ” (wsw/wsw)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *