Jakarta –

Nmax merupakan pionir dalam perkembangan teknologi masa kini. Nmax terbaru mendapat fitur baru untuk meningkatkan tenaga mesin dan pengereman berkat sistem Yamaha Electric Continuous Variable Transmision (YECVT). Bisakah teknologi YECVT diterapkan pada model lain?

Diketahui Nmax masuk dalam kategori Maxi Series. Ada model lain di lini Maxi Yamaha, termasuk Aerox, Lexi dan Xmax.

Assistant General Marketing Manager – Public Relations, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg Antonius Widiantoro mengungkapkan, teknologi YECVT bisa diterapkan pada model Maxi Series lainnya.

“Kami sekarang fokus ke Nmax. Ini teknologi yang bagus dan kami juga ingin semua merasakan manfaatnya,” kata Anton baru-baru ini di Cirebon, Jawa Barat.

Bahkan, Nmax juga menjadi motor pertama yang diimplementasikan dengan Y-Connect pada awal tahun 2020. Teknologi ini kemudian diperluas ke model Maxi Series lainnya seperti Aerox, Xmax, dan yang terbaru, Lexi.

“Kami mendengarkan konsumen, kalau mereka bertanya pasti kami pertimbangkan,” kata Anton.

Satu hal yang mengkhawatirkan, dengan sensasi turbo ada harga yang harus dibayar. Antara Neo dan Turbo ada selisih harga hingga Rp 5 jutaan.

Perlu diketahui, kata ‘Turbo’ pada Nmax terbaru merupakan bahasa pemasaran yang diciptakan produsen garpu tersebut. Padahal, arti kata ‘Turbo’ adalah untuk memudahkan pengucapan Yamaha Electric Continuously Variable Transmision (YECVT).

Teknologi inilah yang menjadi nilai jual utama Yamaha Nmax generasi ketiga. YECVT menggantikan sistem CVT konvensional pada sepeda motor sehingga tidak lagi menggunakan puli.

Nmax Turbo menawarkan dua mode berkendara yakni T (city) dan S (sport). Mode T menjadi pilihan standar yang bisa digunakan di perkotaan, sedangkan mode S menawarkan pengalaman berkendara yang lebih agresif.

Nmax Turbo memiliki tuas Y-Shift di sebelah kiri. Tuas ini mampu memberikan sensasi akselerasi dan deselerasi berkendara yang berbeda dengan tiga level yaitu rendah (1), sedang (2) dan tinggi (3).

Y-Shift juga bisa digunakan untuk memperlambat kecepatan sepeda saat menghadapi turunan dan juga saat memasuki tikungan (tikungan). Pada mode Sport, efek deselerasi juga terasa lebih kuat.

Nmax terbaru mampu menghasilkan tenaga maksimal 11,3 kW (15,1 hp) pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Sedangkan Yamaha Nmax generasi sebelumnya mampu menghasilkan tenaga maksimal 11,3 kW / 8.000 rpm dan torsi maksimal 13,9 Nm / 6.500 rpm. Ada peningkatan torsi sekitar 0,3 Nm, data spesifikasi ini sama dengan mesin terakhir yang juga digunakan pada Yamaha Lexi LX 155.

Tonton video “Perbedaan Yamaha NMAX Turbo dan NMAX Lama: Lebih Baik Beli Baru atau Tunggu Saja?” (tawa)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *