Jakarta –
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merayakan hari jadinya yang ke-50. Selama setengah abad berkiprah di Indonesia, sepuluh juta sepeda motor Yamaha telah menjadi teman perjalanan masyarakat Indonesia.
Pada tanggal 6 Juli 2024, Yamaha merayakan hari jadinya yang ke-50 di Indonesia. Perayaan ulang tahun emas tersebut digelar pada Senin (8/7), di Hotel Ritz-Carlton Jakarta yang dihadiri oleh pelanggan, pemangku kepentingan, dan pemangku kepentingan Yamaha.
Mengusung tema “Memaju 50 Tahun, Mengembangkan ‘Kondo’ Bersama Yamaha”, Yamaha Indonesia berkomitmen untuk memberikan pengalaman mobilitas menyenangkan yang melebihi ekspektasi pelanggan. Untuk layanan premium 3S (Sales, Service, Spare Parts) yang fokus pada kepuasan pelanggan, serta produk dan teknologi baru yang kerap menjadi trend di industri sepeda motor nasional.
Selama 50 tahun terakhir, Yamaha juga berhasil mencatatkan banyak prestasi yang berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan industri sepeda motor nasional. Dari sisi capaian ekspor, lebih dari 3 juta unit sepeda motor produksi Yamaha Indonesia sudah dinikmati masyarakat global. Angka tersebut menjadikan Yamaha sebagai merek mobil dengan ekspor kendaraan roda dua terbesar di Indonesia.
“Hari ini, dengan penuh kegembiraan, kita bersama-sama merayakan 50 tahun Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Per tanggal 30 Juni 2024, kami (YIMM) telah mencapai rekor penjualan tertinggi dunia di Yamaha Group yang merupakan nomor satu di Indonesia dengan lebih dari 44 juta sepeda motor dan ekspor lebih dari 3 juta sepeda motor mencapai rekor baru sebagai eksportir sepeda motor terbesar,” ujar Dyonisius Beti, Presiden Direktur dan CEO PT YIMM.
“Yamaha telah berhasil tumbuh lebih besar dan kuat, menjadi merek terkemuka di Indonesia. Atas keberhasilan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan, komunitas cinta Yamaha, mitra media, bankir, perusahaan pemasok, dealer besar, dealer Yamaha, lembaga keuangan dan semuanya. Pada momen bersejarah ini, mereka adalah mitra terkait untuk kombinasi.
Dalam rangka HUT Yamaha Indonesia ke-50, pabrikan menghadirkan berbagai inovasi mulai dari produk, layanan hingga acara sosial berlogo Diapopsoo. Dari segi produk, di tahun 2024 ini Yamaha setidaknya akan meluncurkan dua motor premium di segmen Yamaha MAXi, yakni LEXi LX 155 dan skutik NMAX “TURBO” yang tak biasa.
Sementara terkait layanan 3S, penyempurnaan juga dilakukan dengan dibukanya kembali Yamaha Flagship Shop Jakarta pada Senin (8/7) yang kini menampilkan desain dealer premium sebagai wujud implementasi pemasaran premium. Penerapan Yamaha Dealer Premium rencananya akan diperluas ke seluruh jaringan diler resmi Yamaha secara bertahap.
Kontribusi Yamaha kepada masyarakat Indonesia di hari ulang tahunnya yang ke-50 juga ditunjukkan melalui program CSR penyediaan air minum bersih di Desa Seloliman, Kek. Travas, Anak. Mojokerto, Jawa Timur akan digelar Juli ini. Penyediaan air minum bersih tersebut menggunakan teknologi Yamaha Clean Water Engine YCW-008A yang mampu menyediakan 8 ribu liter air minum bersih untuk kebutuhan sehari-hari 400-500 rumah tangga.
Untuk menjawab tantangan 50 tahun ke depan, Yamaha Indonesia juga akan menambah divisi bisnis baru sejalan dengan Visi Jangka Panjang (LTV) Yamaha: ART for Human Possibilities. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden Direktur PT YIMM Takeshita Nataka pada acara Perayaan 50 Tahun Yamaha Indonesia.
“Sejak Dyon san ditunjuk sebagai CEO dan saya menjadi Wakil Presiden pada tahun 2023, kami melihat masa depan yang sangat cerah untuk Indonesia Emas 2045 dan potensi besar untuk kesuksesan bersama Yamaha dan mitra bisnis di Indonesia. Bersama-sama kami memulai kewirausahaan budaya baru di YIMM . . dan sejalan dengan visi jangka panjang ART untuk potensi manusia. Memulai ide bisnis baru di Indonesia,” kata Takeshita Nataka. Tonton video “Coba Yamaha NMAX TURBO di Sirkuit: Performa Hebat!” (rgr/kering)