Jakarta –
Dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 79, para pengusaha mall mengadakan pesta dengan diskon hingga 79%. Bertajuk Indonesia Shopping Festival 2024 (ISF), acara tersebut akan digelar di 400 pusat perbelanjaan atau shopping mall di seluruh Indonesia.
Alphonzus Widjaja, Presiden Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI), mengatakan acara bersama tahunan ini akan mencakup acara di mal dan pusat perbelanjaan untuk merayakan deklarasi Indonesia. Acara ini memiliki tiga tujuan utama.
Pertama, mengajak masyarakat merayakan hari kemerdekaan Indonesia melalui berbagai promosi belanja. Acara ini kemudian memberikan kesempatan bagi bisnis lokal untuk tampil. Alasannya adalah festival ini menciptakan peluang bagi bisnis lokal untuk menyelenggarakan pameran dan pekan raya.
Peluang tersebut memberikan peluang terbaik bagi UMKM untuk produk lokal bersama dengan seluruh pusat anggota APPBI di seluruh Indonesia, terdapat sekitar 400 pusat di seluruh Indonesia yang sebagian besar bekerja sama selama pelaksanaan kegiatan Pengadaan Indonesia Alphonzus upacara pembukaan ISF 2024, Jalan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Kamis (8 Agustus 2024).
Lebih lanjut, Alphonzus mengatakan acara penjualan tersebut bertujuan untuk mendongkrak penjualan lokal. Ia meyakini penyebabnya adalah daya beli masyarakat menengah ke bawah yang menurun. Ia berharap daya beli masyarakat menengah ke bawah bisa meningkat hingga mencapai 79%.
“Karena banyak promo, diskon. Kita harapkan ini bisa membantu masyarakat menengah ke bawah yang kini kehilangan daya beli. Mereka bisa ke banyak toko. Sebelumnya mereka sudah memberikan diskon hingga 79%,” imbuhnya. . . Sementara itu, Direktur Internal Departemen Perdagangan Kemendag IC Karim mengatakan, pesta diskon tersebut mampu meningkatkan daya beli masyarakat kelas menengah yang terpuruk. Selain itu, kontribusi konsumsi domestik juga turut mendukung pertumbuhan ekonomi.
“Dengan adanya diskon menarik hingga 79% bertepatan dengan HUT kemerdekaan ini tentunya akan menambah atau mengurangi daya beli konsumen khususnya konsumen kelas menengah ke bawah,” ujarnya.
Lebih lanjut, ia juga berharap acara ini mampu menggairahkan kegiatan perdagangan ritel secara umum. Dengan begitu, daya beli masyarakat sebenarnya bisa tetap terjaga dengan mendorong stabilitas harga dalam negeri dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Menurut dia, perdagangan ritel menjadi faktor penting yang berkontribusi terhadap peningkatan konsumsi dalam negeri.
“Mudah-mudahan festival belanja di Indonesia tahun 2024 kembali menggairahkan sektor ritel secara keseluruhan,” imbuhnya. Retailer sebagai pusat perbelanjaan atau pusat berkumpulnya berperan penting dalam mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga.”
ISF akan digelar serentak di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia mulai tanggal 8 hingga 19 Agustus 2024. Berbagai programnya antara lain eksplorasi masakan Indonesia, pesta durian memperkenalkan durian lokal Indonesia, pameran produk lokal dan UMKM, Posh Market Vol.2 Kota Casablanca, Jakarta. Peragaan busana karya desainer lokal dan UMKM seperti Lokal Made di PIK Avenue Jakarta diselenggarakan untuk melestarikan produk asli Indonesia.
Tak hanya Jakarta, kota lain seperti Living World, Kota Wisata Cibubur, Jawa Barat yang memamerkan Kampung Toy Bocah, pameran makanan dan mainan tradisional Indonesia, tak membuat acara tahun ini lebih meriah. (buah ara/buah ara)