Jakarta –

Read More : Turis Australia Mendaki Ilegal Gunung Rinjani, Ini Hukumannya

Asus telah menjadi merek laptop #1 di Indonesia selama 11 tahun terakhir. Namun seiring melemahnya pasar konsumen, Asus mengalihkan perhatiannya ke pasar komersial seperti pemerintahan, pendidikan, dan perusahaan publik setelah notebook bisnis mencapai TKDN di atas 40%.

PR Head Asus Indonesia Muhammad Firman mengatakan penjualan laptop konsumen Asus di Indonesia akan meningkat pada tahun 2021 di tengah pandemi COVID-19. Namun setelah epidemi, jumlah mereka langsung menurun karena dipengaruhi oleh situasi global seperti konflik dan persaingan dagang. .

Di sisi lain, segmen komersial khususnya pemerintahan tumbuh sekitar 20-30% dibandingkan tahun lalu. Oleh karena itu, Asus melihat segmen ini lebih potensial dibandingkan segmen konsumen untuk pasar Indonesia.

“Jadi kita melihat potensi yang kita miliki di Indonesia saat ini, apalagi yang akan tetap berfungsi adalah sektor publik, karena jika dibandingkan dengan sektor konsumen yang mengalami stagnasi bahkan sedikit turun, sektor publik masih 20-30. % lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Firman.

Sementara itu, Pemasaran Produk Komersial Asus Indonesia, Aldi Ramadiansyah mengatakan, kebijakan pemerintah saat ini turut mendukung perkembangan bisnis notebook komersial Asus.

Ia mencontohkan kebijakan impor tersebut memperlambat laptop konsumen Asus yang seluruhnya diimpor dari luar negeri, sekaligus memudahkan distribusi laptop komersial produksi dalam negeri di negara penerima TKDN.

Makanya produk komersil kami selalu ready tanpa menunggu laptop datang langsung dari luar, kata Aldy.

Berkat kebijakan ini, commerce akhirnya mulai menjadi bottom line. Dari sisi konsumen menurun, dan secara umum pertumbuhan komersial meningkat, seperti yang terjadi pada Asus, lanjutnya.

Asus sendiri baru beberapa tahun terakhir memasuki sektor pemerintahan dan pendidikan. Sektor ini sebelumnya didominasi oleh kompetitor dan rekan senegaranya Acer, namun Asus yakin mereka mampu bersaing karena produknya memiliki satu keunggulan penting.

Keunggulan produk Asus TKDN adalah produk kami ready stock, jadi kalau misalnya negara atau BUMN membutuhkan produk kami dengan cepat, kami bisa lebih cepat mendapatkannya, jelas Aldy.

“Misalnya merek tetangga, sistemnya lengkap, jadi delapan minggu baru siap. Kalau besok ada PO, minggu depan bisa datang,” tutupnya. Tonton “Review Spesifikasi dan Harga ASUS Vivobook S 15 OLED” (vmp/fay)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *