Jakarta –
Samsung berhasil merebut tahta raja HP dari Oppo di Indonesia. Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini berada di garis depan dalam menghadapi kemerosotan pasar.
Demikian hasil penelitian yang dipublikasikan International Data Corporation (IDC). Perusahaan mencatat pasar ponsel Indonesia turun 1,2% year-on-year dengan total pengapalan 34,6 juta unit.
Pasar mengalami penurunan terutama pada semester pertama karena kurangnya permintaan. Namun, kabar baiknya adalah total pengiriman pada kuartal terakhir sebanyak 9 juta unit, naik 6,1% year-on-year atau 1,3% dari kuartal sebelumnya.
Vendor mampu memanfaatkan perayaan akhir tahun dengan memperbarui model low-end, sementara vendor lain merilis perangkat andalan untuk meningkatkan nilai, kata IDC dalam rilis detikINET.
5 Q4 pertama 2023
Samsung menduduki puncak daftar dengan pangsa pasar 19,4% dengan total pengiriman 1,7 juta unit. Pada Q4 2022, jumlah ponsel yang dikapalkan mencapai 1,8 juta unit, turun dari pertumbuhan 5,4% pada tahun 2023.
Urutan kedua ditempati Vivo yang berhasil mengapalkan 1,6 juta unit sehingga pangsa pasarnya 17,4%. Vendor asal China ini mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 1,8% karena hanya mengirimkan 1,5 juta unit pada tahun 2022.
Naik ke posisi ketiga dengan pangsa pasar 17,1% dengan pertumbuhan 211,5%. Induk Infinix, Tecno, dan Itel berhasil mengapalkan 1,5 juta unit HP, meningkat 500 ribu unit di tahun 2022.
Xiaomi berada di urutan keempat dengan pangsa pasar 16,1%. Kendati demikian, perusahaan besutan Lei Jun ini meraih pertumbuhan positif sebesar 35,2% seiring dengan peningkatan jumlah pengiriman dari 1,1 juta menjadi 1,4 juta.
Oppo menjadi andalan dengan pengapalan 1,3 juta unit dan pangsa pasar 14,2%. Pada tahun 2022, meski berhasil mengapalkan 2,2 juta unit, pertumbuhannya akan minus 35,5%.
Top 5 HP seller di Indonesia 2023 Samsung: 6,9 juta unit, pangsa pasar 20%, pertumbuhan YOY minus 8,8% Oppo: 6,6 juta unit, pangsa pasar 19,1%, pertumbuhan YOY minus 15,6% Vivo: 5,6 juta unit, pangsa pasar 16,2 %, pertumbuhan YoY minus 10% Xiaomi: 5,1 juta unit, pangsa pasar 14,8%, pertumbuhan tahunan 3,5% Perubahan: 4,5 juta unit, pangsa pasar 13,1%, pertumbuhan tahunan 38,9%
Tonton video “Oppo puncaki penjualan smartphone di Indonesia pada Q2 2023” (afr/afr)