Jakarta –
Untuk persiapan libur panjang Hari Raya Idul Fitri akhir pekan, pada Rabu (8/5) hingga Minggu (12/5), KAI mengoperasikan total 1.509 KA yang terdiri dari 1.101 KA Jarak Jauh dan 408 KA Lokal. Total kapasitas yang disiapkan KAI sebanyak 739.782 kursi.
Dibandingkan pekan lalu, jumlah KA Jarak Jauh bertambah 6 KA, yakni pada Rabu (1/5) hingga Minggu (5/5). Kereta baru tersebut meliputi 4 perjalanan KA Argo Cheribon dari Gambir – Cirebon pp dan 2 perjalanan KA Argo Parahyangan dari Gambir ke Bandung pp.
Joni Martinus, Vice President Humas KAI, mengatakan penambahan frekuensi KA ini sebagai antisipasi peningkatan penumpang saat libur panjang akhir pekan pada awal Mei 2024.
“Peningkatan jumlah perjalanan kereta api ini merupakan bagian dari komitmen KAI dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada saat peak season seperti long weekend,” kata Jonny dalam siaran pers yang dikeluarkan, Selasa (5 Juli 2024).
Berdasarkan penelusuran, Selasa (5/7), total tiket kereta api terjual sebanyak 439.433 tiket dengan rata-rata 87.887 tiket setiap harinya. Angka tersebut mencapai 59% dari total penjualan tiket kereta api dan akan terus berubah menjelang mendekati long weekend.
KAI berharap masyarakat yang berencana melakukan perjalanan pada libur panjang akhir pekan Kenaikan Isa Almasih namun belum melakukan pembelian tiket dapat segera melakukan perjalanan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id atau saluran lain yang terkait dengan KAI.
Jika tiket yang dibutuhkan sudah terjual habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif, atau menggunakan fitur transfer kereta di aplikasi Access by KAI, yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan memasukkan waktu transfer kereta.
Joni menambahkan, selama ini rute yang paling banyak diminati masyarakat saat long weekend adalah Jakarta-Surabaya, Jakarta-Surakarta, Jakarta-Malang, Yogyakarta-Banyuwangi, Blitar-Bandung, dan lain sebagainya.
Joni menyimpulkan, “Dalam hal angkutan kereta api, khususnya saat long weekend, KAI memastikan melayani masyarakat dengan aman dan tanpa kemacetan di jalan raya. Dengan cara ini, pelanggan dapat bepergian dengan nyaman dan bahagia bersama keluarga atau menikmati liburan bersama teman. “
Tonton video “KAI Daop 1: 700.000 kursi terjual untuk Idul Fitri Kembali ke Sekolah” (sym/sym)