Jakarta –
Popularitas TikTok Shop membuat YouTube memperluas kemitraannya dengan Shopify untuk memasukkan lebih banyak produk mereka ke dalam program mitra YouTube Shopping.
Dengan perluasan kemitraan ini, hal ini berarti para pembuat konten akan mendapatkan akses ke ribuan merek untuk memberi merek pada konten video mereka untuk dibeli, peningkatan yang signifikan dari beberapa ratus merek yang saat ini dapat mereka akses.
Sebagai bagian dari perluasan ini, semua penjual Shopifi Plus dan Advanced yang memenuhi syarat di AS kini dapat mendaftar ke Program Afiliasi Belanja.
Seperti dilansir detiKINET TechCrunch, program afiliasi YouTube Shopping memungkinkan pembuat konten memonetisasi video mereka sambil membantu pemirsa menemukan produk baru. Sedangkan bagi brand, ini merupakan cara lain untuk menjangkau pelanggan dan meningkatkan penjualan.
Kemitraan yang diperluas ini akan membuat YouTube lebih siap untuk menghadapi TikTok, yang dilaporkan bertujuan untuk mengembangkan bisnis TikTok Shop di Amerika Serikat sepuluh kali lipat menjadi $17,5 miliar pada tahun ini.
Meskipun TikTok lebih baru di kancah e-commerce AS dibandingkan dengan YouTube, TikTok dilaporkan telah merekrut pedagang dengan kecepatan yang relatif cepat, karena TikTok mengumumkan pada bulan April bahwa mereka memiliki 500.000 pedagang AS di TikTok Shop pada akhir tahun 2023.
YouTube juga mengumumkan peluncuran ekstensi Chrome baru yang memungkinkan pembuat konten AS yang menjadi bagian dari program afiliasinya menyimpan produk saat menjelajahi situs merek atau pengecer sehingga mereka dapat dengan cepat menemukannya ketika mereka siap untuk menandainya dalam video. .
Perluasan program afiliasi ini terjadi ketika YouTube telah meningkatkan upaya e-commerce-nya dalam beberapa tahun terakhir sebagai cara untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan di tengah perlambatan periklanan digital.
Upaya ini tampaknya berhasil, karena YouTube sebelumnya mengumumkan bahwa orang-orang menonton lebih dari 30 miliar jam video terkait belanja di YouTube pada tahun 2023, dan bahwa platform tersebut mengalami peningkatan sebesar 25% dalam waktu yang dihabiskan untuk menonton video yang membantu orang-orang membeli.
Tentu saja, program ini juga berguna bagi para pembuat konten yang ingin menghasilkan lebih banyak uang melalui platform ini, itulah sebabnya YouTube baru-baru ini meluncurkan fitur belanja baru untuk membantu para pembuat konten memasarkan produk mereka dengan lebih baik dan meningkatkan penghasilan mereka. Tonton video “Respon Kemenkop UKM terhadap TikTok Shop akan kembali” (jsn/rns)