Jakarta –
Pesatnya perkembangan teknologi telah membawa perubahan besar dalam perilaku manusia khususnya dalam bidang pemasaran. Untuk mencapai hal tersebut, banyak perusahaan e-commerce di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan TikTok Shop terus melakukan berbagai langkah untuk meningkatkan persaingan dengan visi dan perencanaan proyek.
Selain itu, para pelaku e-commerce juga meningkatkan pengalaman belanja online sehingga pelanggan merasakan proses belanja yang lancar secara keseluruhan. Dengan peta persaingan yang kuat di Indonesia saat ini, platform tersebut berhasil memberikan pengalaman belanja online terbaik kepada masyarakat.
Dengan pemahaman bahwa keadaan pasar digital pada awal tahun 2024 akan bergerak sesuai dengan perkembangan kebutuhan dan preferensi masyarakat, IPSOS melakukan penelitian bertajuk ‘Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di Electronic Commerce’. Penelitian ini berfokus pada responden yang rutin menjelajah online melalui berbagai platform e-commerce di Indonesia, untuk mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi preferensi konsumen dalam hal pengalaman berbelanja yang lengkap.
Pada survei IPSOS yang dilakukan dengan metode Panel, Shopee dinilai menjadi yang terbaik dalam hal distribusi dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman belanja online. Tingkat tingkat kepuasan berhubungan langsung dengan halaman penawaran, yang dipengaruhi dari atas ke bawah oleh pengalaman belanja online.
Tingginya tingkat kepuasan shopee didukung oleh data, dimana shopee (62%) menjadi pilihan pertama yang direkomendasikan pelanggan kepada kerabatnya, disusul tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan lazada (36%). . Temuan ini mengukuhkan posisi Shopee sebagai e-commerce terbaik dalam memberikan pengalaman berbelanja terbaik bagi pelanggan.
“Karena pertumbuhan platform e-commerce di masyarakat, keinginan masyarakat untuk memilih belanja online sebagai pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka semakin meningkat, melalui survei IPSOS ini, kami ingin mengetahui situs Marketplace mana yang sukses di tingkat pengguna. . puas,” kata Direktur IPSOS Indonesia Andi Sukma, Senin (24/6/2024) melalui keterangan tertulis.
Strategi Platform E-Commerce dalam Memberikan Pengalaman Pelanggan yang Holistik
Memberikan pengalaman berbelanja yang sempurna dengan platform e-commerce sangat penting untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Jika dicermati, ada banyak faktor berbeda yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan dalam belanja online.
Tabel di bawah ini menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam belanja online, dengan skor kepuasan yang disarankan oleh masing-masing e-commerce, dengan skor maksimal 5:
Dari data di atas terlihat bahwa Shopee menjadi mesin pencari terpopuler untuk berbelanja dengan platform e-commerce dibandingkan platform lainnya. Berikut beberapa faktor yang menurut responden penting dalam menentukan tingkat kepuasan belanja online:
Beberapa kemudahan yang ditawarkan platform e-commerce dievaluasi dengan metode pembayaran. 64% responden menilai Shopee sebagai platform e-commerce dengan pilihan metode pembayaran paling beragam, disusul Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan TikTok Shop (8%). Berdasarkan temuan ini, salah satu metode pembayaran yang paling populer adalah Cash On Delivery (COD) dengan Shopee menyumbang 66%, diikuti oleh Tokopedia & Lazada dengan 12%, diikuti oleh TikTok Shop dengan 10%.
Meningkatnya jumlah masyarakat yang mengandalkan e-commerce untuk memenuhi kebutuhannya terkait dengan meningkatnya variasi kebutuhan yang perlu dipenuhi dengan produk lengkap dan parsial serta ketersediaan toko yang berbeda. Dalam hal ini, Shopee 68% lebih baik dalam pendistribusian di berbagai toko resmi, dibandingkan kompetitornya yaitu Tokopedia (15%), Lazada (9%), dan TikTok Shop (7%).
Selain kelengkapan produk, konsumen memilih platform e-commerce dengan harga terendah, dengan Shopee memimpin sebesar 64% dibandingkan Lazada (13%), Tokopedia (12%), dan TikTok Shop (11%). Keunggulan Shopee didukung oleh program khusus Layanan Pelanggan Berkualitas Tinggi (GHT) yang diakui oleh 74% responden. Sedangkan fitur harga terendah mendapat skor terendah dari platform lain, antara lain Lazada (49%), Tokopedia (47%), dan Tiktok Shop (37%). Data tersebut didukung dengan hasil penelitian dimana 88% responden sering menggunakan Jaminan Harga Murah dari Shopee.
Responden menganggap berbagai pilihan layanan pengiriman sangat penting karena meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan dalam berbelanja online. Shopee (66%) menjadi situs e-commerce dengan pilihan layanan terluas, disusul Tokopedia (16%), Lazada (10%), dan TikTok Shop (7%). (acn / telur)