Jakarta –
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan besarnya partisipasi pengembang game lokal Indonesia di Gamescom Jerman 2024. Transaksi ini ditargetkan minimal US$150 juta. atau sekitar Rp 2 triliun.
Sandiaga menilai pengembang game lokal Indonesia punya potensi besar. Selain itu, Indonesia juga berpartisipasi dalam bursa game terbesar dunia untuk kelima kalinya.
“Ini tindak lanjut Perpres Nomor 19 Tahun 2024 dan kami ingin permainan lokal memiliki best practice di sini (Gamescom),” kata Sandiaga, Kamis (22/8/2024).
Hal itu diungkapkannya usai menghadiri acara pembukaan resmi Gamescom yang digelar di Koelnmesse Halle Jerman kemarin (21/8) Rabu (21/8).
Sementara itu, Duta Besar Jerman untuk Republik Indonesia, Arif Hawas Oegroseno, mengatakan Indonesia sudah menunjukkan hasil positif sejak pertama kali mengikuti Gamescom. Hal ini terlihat dari nilai transaksi yang meningkat setiap kali mengikuti program Gamescom.
Misalnya, “dua tahun lalu (2022) nilai transaksinya hanya 70 juta dolar AS, tahun lalu (2023) sebesar 115 juta dolar. Jadi jumlahnya meningkat,” kata Arif.
Desh Arif dari Gamescom mencatat bahwa pemerintah negara bagian atau lokal mendukung industri game lokalnya masing-masing. Hal ini bisa menjadi inspirasi bagi setidaknya lima provinsi di Indonesia yang menjadi hub pengembangan game.
“Tentunya bisa mendukung keikutsertaan di Gamescom tahun depan (2025). Karena kami melihat (Indonesia) sebagai pemain besar di pasar gaming global,” jelasnya.
Sekadar informasi, Kemenparekraf mendukung keikutsertaan Indonesia pada Gamescom 2024 yang digelar di Cologne, Jerman pada 21-25 Agustus 2024. Hal ini merupakan hasil dukungan bersama DKI dan Kementerian Perdagangan. Kementerian Komunikasi dan Informatika Pemkab DKI Jakarta dan Persatuan Olahraga Seluruh Indonesia.
Sebagai salah satu acara game bisnis (B2B) dan konsumen (B2C) terkemuka di dunia, Gamescom diluncurkan pada tahun 2009 dan merupakan acara rutin di kalender acara setiap tahun yang menampilkan pengembang dan penerbit game kelas dunia. Datanglah tahun ini. 10 perusahaan game lokal yang terpilih adalah Berangin Creative, Fat Raccoon Games, Frame Rat Digital, Gambhir Studios, Gingerson, Glory Jam ClapNome, Niji Games dan Plexus Studios and Ore Studios.
Ia juga didampingi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Muhammad Neel El Himam, dan Wakil Menteri Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Saksikan video “Capaian Sektor Ekonomi Kreatif dalam Nilai Tambah dan Ekspor Semester 1 2024” (anl/ega)