Jakarta –
Grab Indonesia membuka pemungutan suara terhadap rencana ribuan pengemudi ojek online (ojol) menggelar aksi unjuk rasa pada Kamis (29/8/2024). Tirza Munusamy, Head of Humanitarian Affairs Grab Indonesia, mengatakan tim akan selalu menghormati hak sesama pengemudi untuk menyampaikan pendapatnya.
Menurutnya, Grab juga akan menyediakan wadah bagi Mitra untuk berbagi ide dan berpartisipasi melalui berbagai saluran komunikasi yang tersedia, termasuk layanan Grab Support dan kegiatan tatap muka antara perwakilan Grab dan komunitas Mitra Pengemudi yang diadakan secara rutin.
“Grab tetap menghormati hak sesama pengemudi untuk menyampaikan pendapat dan aspirasinya, sepanjang dilakukan dengan cara yang bersahabat, damai, dan sesuai dengan hukum yang berlaku,” ujarnya dalam keterangannya kepada detikcom, Rabu (28). /8/2024). ).
Ditambahkannya, penting untuk memastikan biaya layanan pengiriman Grab dihitung secara cermat sesuai dengan ketentuan Bab 3 Permenkominfo No. 1/Per/M.Kominfo/01/2012 tentang Anggaran Kantor Pos Komersial. Hal ini dirancang untuk menjaga pendapatan mitra pengemudi dan permintaan pasar terhadap layanan Grab.
“Kami sampaikan bahwa Grab Indonesia tidak mengurangi pendapatan mitra pengemudi untuk diteruskan sebagai pembayaran kepada pelanggan. Ini adalah pendapatan mitra,” jelasnya.
Grab mematuhi praktik bisnis yang baik dan berupaya memberikan perlindungan dan manfaat kerja kepada mitra pengemudinya, seperti:
1. Akses terhadap berbagai jenis perlindungan- Asuransi kecelakaan. Grab saat ini bekerja sama dengan PT. Asuransi MNC Indonesia. Asuransi ini berlaku bagi Mitra yang melakukan aktivitas di platform Grab, termasuk jika Mitra meninggal dunia karena kekerasan kriminal atau kecelakaan karena suatu penyakit, dengan ketentuan Mitra tidak melanggar peraturan lalu lintas. – Asuransi Kesehatan. Saat ini, Grab bermitra dengan asuransi Allianz untuk memberikan pilihan asuransi kesehatan yang terjangkau bagi mitra, seperti rawat inap, rawat jalan, dan perawatan gigi.
– BPJS Kerja. Untuk mempermudah pendaftaran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dapat diakses langsung dari aplikasi Mitra Grab. 2. Pelatihan Keselamatan Mitra Grab (PAKEM)
Pelatihan tatap muka diadakan secara berkala dengan topik terkait kualitas layanan, kekerasan berbasis gender, dan keselamatan pengemudi. Selain itu, Grab menawarkan berbagai materi pelatihan online di Grab Academy yang dimaksudkan untuk meningkatkan dan meningkatkan efisiensi dan kualitas kerja Mitra.
3. Memberikan manfaat GrabBenefits
GrabBenefits dapat membantu memenuhi kebutuhan dan mengurangi biaya operasional mitra pengemudi. Grab akan bekerja sama dengan mitra bisnisnya untuk mengembangkan beragam manfaat, antara lain:
– Diskon dan diskon khusus yang dapat dimanfaatkan oleh pengemudi mulai dari kebutuhan pokok, makanan dan minuman, perlindungan kesehatan, dan hiburan – Diskon/diskon untuk berbagai kebutuhan seperti paket data, optik, rambut, peralatan telekomunikasi, hingga asuransi.
Simak Videonya: Jelang Demo Driver Ojol, Ini Kata Grab
(ily/hns)