Jakarta –
PT Kereta Api Indonesia (Persero) menetapkan kebijakan baru terkait waktu pengembalian pembatalan atau pengembalian tiket Kereta Api Kota (KA). Kebijakan baru ini berlaku mulai 1 Juni 2024.
Manajer Humas KAI Daop 1 Sukabumi Ixfan Hendriwintoko menyatakan, dengan kebijakan baru ini, program refund akan dilaksanakan dalam waktu 7 hari setelah tanggal pembatalan.
Untuk mempermudah proses refund, KAI menawarkan beberapa metode. Ixfan mengatakan, KAI Daop 1 telah menyediakan 8 pemberhentian bagi penumpang yang ingin membatalkan tiket pesawat melalui loket layanan.
“Bagi pelanggan pengguna jasa transportasi kereta api yang ingin membatalkan perjalanannya, untuk memudahkan pembatalan tersebut agar tidak jauh dari tempat tinggalnya, Daop 1 Jakarta telah menyediakan mesin layanan pembatalan di beberapa stasiun,” ujarnya melalui tulisan. , Kamis (30/5/2024).
Ixfan menambahkan, uang tersebut dapat dikembalikan melalui transfer ke rekening bank atau e-wallet penumpang. Menurutnya, hal ini memberikan ketenangan dan kecepatan bagi penumpang yang menggunakan layanan perbankan atau dompet digital.
“Bagi penumpang yang tidak memiliki rekening bank atau e-wallet, KAI juga memberikan solusi sementara dengan melakukan pengembalian uang. Uang dapat dikembalikan di stasiun lain yang ditentukan KAI, 7 hari setelah tanggal pembatalan,” kata Ixfan.
Selain itu, KAI juga berencana merestorasi kereta kota yang dioperasikan induknya KAI. Pengembalian dana dilakukan secara tunai 7 hari setelah tanggal pembatalan. Langkah ini dilakukan untuk memastikan seluruh penumpang, baik pengguna KA Antar Kota maupun KA Kota, mendapatkan pelayanan yang cepat dan efisien.
Proses pembatalan tiket juga dapat dilakukan di Access melalui aplikasi KAI dan loket stasiun yang memperbolehkan pembatalan tiket, dengan dikenakan biaya administrasi sebesar 25% untuk setiap tiket yang dibatalkan. Penumpang dapat melakukan pembatalan tiket di KAI Access paling lambat 2 jam sebelum keberangkatan kereta, atau di loket stasiun paling lambat 30 menit sebelum keberangkatan kereta.
Sebelum berlakunya kebijakan ini, jangka waktu pengembalian tiket yang dibatalkan atas permintaan penumpang maksimal 30 hingga 45 hari, dengan kebijakan baru ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan kereta api.
“Perubahan waktu pengembalian tiket ini untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Dengan mempercepat proses kepulangan, KAI berharap dapat memberikan pengalaman yang baik dan memuaskan bagi penumpang setianya,” ujarnya.
Ixfan menyatakan, kebijakan baru ini mencerminkan komitmen KAI untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan memenuhi ekspektasi pelanggan. Penumpang yang membatalkan perjalanan kini tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan refund sehingga proses pembatalan menjadi lebih mudah dan tidak memberatkan 8 Penyedia Layanan Pembatalan Tiket di Daop 1 :
1. Stasiun Gambir2. Stasiun Pasar Senin3. Stasiun Kota Jakarta4. Stasiun Bekasi 5. Stasiun Bogor Paledang6. Stasiun Sukabumi7. Stasiun Cikampek8. Stasiun Cikarang
Tonton juga videonya: Masuki Long Weekend, 93% Tiket Kereta Api ke Yogyakarta sudah terjual
(shc/gambar)