Jakarta –
Yamaha Nmax Turbo menjadi perbincangan karena embel-embel turbo di baliknya. Namun sistem turbo pada Yamaha Nmax berbeda dengan yang ada pada mobil.
Turbo pada mobil memanfaatkan aliran udara panas dari mesin untuk meningkatkan tekanan dan tekanan udara di ruang mesin. Cara kerjanya, bahan bakar gas tidak langsung dialirkan dari mesin ke tanah melainkan terlebih dahulu menuju mesin turbo, dimana motor tersebut berada yang memutar poros turbo.
Kompresor yang terletak pada poros yang sama dengan turbin akan menggunakan energi mekanik untuk melembabkan dan memampatkan lebih banyak udara ke dalam mesin.
Namun ‘turbo’ pada Nmax terbaru membuat motornya terasa lebih bertenaga dan kencang. Kini sudah ada sistem elektronik yang mengontrol aliran sistem CVT. Motor listrik menggerakkan katrol depan untuk respons cepat namun deselerasi lebih baik.
“Nmax Turbo menggunakan motor pengganti CVT tradisional,” jelas Antonius Widiantoro, Asst. Manajer Pemasaran – Humas PT YIMM.
Berbeda dengan turbo pada mobil biasa, pada Nmax akselerasinya hadir dari teknologi Yamaha Electric CVT. Kini ada bantuan motor listrik pada transmisi untuk menggerakkan pulley depan dan mengubah pergerakan mobil yang dilepas.
Katrol utama digerakkan oleh mesin sesuai dengan petunjuk TCU atau Unit Kontrol Transmisi, kata Anton.
“TCU akan memiliki mesin pertama dan kedua,” tambahnya.
Pada Nmax Turbo sendiri terdapat Y-Shift yang mampu memberikan sensasi berbeda saat berkendara karena fungsinya membantu pengemudi untuk meningkatkan kecepatan seperti Turbo dengan 3 posisi yaitu Low (1), Medium (2 ), dan Tinggi (3) cocok digunakan saat ingin menyalip mobil di depan, di tanjakan, atau saat mengendarai mobil. Selain untuk menambah kecepatan, Y-Shift juga dapat digunakan untuk memperlambat sepeda motor saat menuruni jalan maupun saat memasuki tikungan (penuh).
“Beda partnya, Turbo dan Neo juga beda. Apalagi di bagian transmisi, poros engkol, mesin (listrik) tidak ada di (varian Nmax) Neo dan motor lain. Yamaha Turbo)” Karena YECVT penggantian. Fungsi CVT tradisional adalah menggunakan kendaraan yang menggunakan gaya sentrifugal. Ya, pekerjaan itu digantikan oleh YECVT,” kata Anton.
Berdasarkan pengujian internal Yamaha, Turbo ini mampu berakselerasi dari nol hingga 100 meter dalam waktu 7,2 detik. Sedangkan Nmax versi pertama membutuhkan waktu 7,43 detik.
Nmax Turbo mampu berakselerasi lebih cepat hingga menempuh jarak 200 meter dibandingkan NMAX generasi pertama, dengan selisih jarak 9,2 meter.
Kemudian pengujian naik dengan sampel 10 derajat untuk jarak 150 meter. Nmax Turbo mampu mencapai 11,73 detik, sedangkan Nmax generasi pertama membutuhkan waktu 12,33 detik.
“Pada pendakian 150 meter dan ketinggian 10 derajat, NMAX Turbo mampu berakselerasi hingga jarak 9,9 meter,” imbuhnya.
Mesin terbarunya mampu menghasilkan tenaga maksimal 11,3 kW / 8.000 rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm / 6.500 rpm. Sedangkan Yamaha Nmax generasi pertama mampu meraih tenaga maksimal 11,3 kW / 8.000 rpm dan torsi maksimal 13,9 Nm / 6.500 rpm. Ada peningkatan torsi sekitar 0,3 Nm. Mesin baru ini juga digunakan pada Yamaha Lexi LX 155.
“YECVT itu kuncinya. Fungsi mobil yang biasa ada pada CVT konvensional adalah untuk menggerakkan pulley pertama yang diubah oleh motor untuk mengontrol pergerakan. Kita bisa memaksa siklusnya agar lebih cepat, atau kalau sepeda biasa. , itu menggunakan gaya sentrifugal. Nanti mobilnya bisa “rusak karena dipakai, jadi ada waktu untuk menggantinya,” ujarnya.
“Punya mesin ini tidak perlu mobil lagi, prosesnya jauh lebih cepat, ini yang membantu akselerasi, makanya ada sensasi turbo,” ucap Anton.
Dengan menggunakan teknologi tersebut, Nmax Turbo memiliki Driving Mode yang menawarkan 2 mode berkendara yaitu T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring) yang dapat diakses melalui tombol “Mode” di kiri depan. roda.
Mode T untuk perjalanan dan mode S untuk olahraga. Saat ini mode T digunakan untuk perkotaan, sedangkan mode S dapat digunakan untuk berkunjung, memanjat, mengendarai mobil, dan berpapasan dengan mobil lain.
‘Turbo’ pada Yamaha Nmax hanya terdapat pada Nmax Turbo dan Nmax Turbo Tech Max. Tonton video “Yamaha Lexi LX 155 Diluncurkan, Ganggu Pasar Skutik!” (kembali/kering)