Jakarta –

Penipuan internet sering menyerang pengguna internet akhir-akhir ini. Ada banyak penyebab mengapa hal ini bisa terjadi, salah satunya adalah kesalahan korban sendiri.

Oleh karena itu, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari penipuan online. Berikut 3 hal sederhana yang dapat membantu pengguna internet terhindar dari penipuan online.

1. Berhenti membagikan informasi pribadi

Penggunaan jejaring sosial saat ini sudah sangat luas, seringkali digunakan oleh para penipu untuk memperoleh informasi mengenai informasi pribadi. Salah satu metode yang populer adalah fungsi “Tambahkan diri Anda” di Instagram.

Tugas “Add Yourself” sering muncul di postingan Instagram Story pengguna, termasuk postingan yang menanyakan umur pengguna dan pasangannya, apa nama panggilannya, dan seringkali tugas yang menanyakan tanggal lahir atau bahkan nama ibu kandung. Untuk mencegah hal ini, pengguna harus berhati-hati saat berhenti membagikan informasi pribadi.

2. Meningkatkan literasi digital

Meningkatkan literasi digital merupakan salah satu cara untuk menghindari penipuan online. Dengan cara ini, Anda akan lebih waspada terhadap penipuan yang bermunculan. Setelah Anda memiliki pengetahuan ini, ini pasti akan membantu Anda memahami ciri-ciri rezim yang mencoba mengambil alih Anda.

3. Layanan pelanggan palsu

Customer service biasanya digunakan oleh pengguna suatu jasa atau layanan untuk meminta bantuan. Namun, pada saat yang sama, pengguna layanan harus berhati-hati saat menghubungi dukungan pelanggan, terutama dengan platform keuangan seperti bank, e-commerce, dan dompet digital.

Teknik yang digunakan penipu adalah berpura-pura membantu korban dan meminta mereka mengisi formulir online. Biasanya CS palsu menggunakan nomor atau nama yang mirip dengan CS asli.

Penipuan ini tentu saja bisa menyasar siapa saja. Bahkan sekarang yang namanya program DANA juga mempunyai mode CS palsu. Untuk memastikan semakin sedikit pengguna yang menjadi korban penipuan ini, DANA juga meluncurkan kampanye #AwasBadmanJebakan yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai penipuan ini.

Monitor

Waspada dan waspada jika Anda dihubungi oleh seseorang yang berpura-pura menjadi customer service DANA. Perlu diketahui bahwa DANA tidak lagi mendukung dukungan pelanggan melalui WhatsApp.

Selain itu, DANA hanya menangani pengaduan dan pengaduan melalui DIANA di aplikasi DANA, email help@dana.id, call center DANA 1500 445, dan media sosial resmi DANA Indonesia. Jadi, jika ada yang mengklaim layanan pelanggan DANA di WhatsApp atau platform lain yang tidak disebutkan di atas, berarti itu adalah metode layanan palsu.

Konfirmasi

Konfirmasikan penggunaan fitur perlindungan DANA pada aplikasi DANA. Dengan fitur ini, pengguna dapat memverifikasi bahwa nomor, link, atau akun media sosial yang Anda hubungi berasal dari DANA.

Caranya mudah, cukup salin dan tempel nomor, tautan, atau akun jejaring sosial di bagian yang sesuai. Kemudian. Keandalan informasinya akan diketahui nanti.

Customer Support DANA tidak akan pernah menghubungi pengguna DANA tanpa melaporkannya terlebih dahulu. Jadi, jika ada yang mengaku sebagai customer support DANA dan menghubungi pengguna tanpa melapor, berarti customer support tersebut palsu.

Laporan

Laporkan orang yang menghubungi Anda jika dapat dibuktikan berasal dari sumber yang terpercaya. Orang-orang tersebut dapat dilaporkan menggunakan fitur perlindungan DANA di DANA.

DANA Protection menyediakan tombol laporan yang membawa Anda langsung ke Komdigi (Kementerian Komunikasi dan Teknologi Digital). Pengguna juga dapat mengirimkan laporan ke alamat email help@dana.id atau ke call center DANA 1500 445 dan jejaring sosial resmi DANA Indonesia.

Pastikan untuk memblokir dan melaporkan nomor palsu atau jejaring sosial yang menghubungi pengguna sesegera mungkin. Agar tetap aman, ikuti tips berikut ini:

• Jangan asal mengklik link atau mengisi formulir untuk orang tak dikenal yang mengatasnamakan DANA.

• Jangan mendownload atau menginstal DANA dari link yang diposting di grup pesan instan seperti WhatsApp, Telegram, dan lainnya.

• Selalu jaga kerahasiaan PIN dan OTP Anda dan jangan pernah memberitahukannya kepada siapa pun, termasuk DANA.

• Langsung lapor dan blokir nomor WhatsApp atas nama DANA.

• Hanya akun media sosial DANA resmi yang memiliki ikon berwarna biru. Jangan tertipu dengan akun serupa lainnya.

DANA menjamin tidak akan pernah meminta informasi pribadi pengguna. Selain itu, jika ada yang mengaku sebagai CS, pengguna dapat memverifikasinya menggunakan fitur Perlindungan DANA di aplikasi. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengecek nomor akun media sosial dan tautan mencurigakan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai DANA CS palsu bisa anda cek disini. Tonton video “Cominfo menerima 572.000 pengaduan penipuan online pada 2017-2024” (hnu/ega)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *