Jakarta –
Instagram kembali meluncurkan dua fitur baru pada akhir tahun 2024. Salah satunya adalah fitur rekap kilas balik momen favorit di tahun 2024 dan menyambut tahun baru 2025.
Fitur rekap ini berbentuk kolase, dimana pengguna dapat menempatkan beberapa foto sekaligus dalam satu postingan story dengan efek bertema “Selamat Tahun Baru”. Sayangnya fitur ini hanya tersedia hingga minggu pertama Januari 2025, jadi segera cobalah jika Anda tertarik.
Pengguna dapat mengakses kolase ini melalui menu Instagram Story. Untuk mulai membuat desain visual, pertama-tama tambahkan foto ke dalam story, lalu ubah ukuran dan pindahkan posisinya, lalu tambahkan foto lain sebagai stiker.
Fitur kolase memungkinkan pengguna menambahkan banyak foto ke dalam sebuah story sekaligus, namun hanya ditampilkan dalam format grid, The Verge, Selasa (17/12/2024).
Instagram juga menambahkan beberapa template ‘Ad Yours’ bertema Tahun Baru, salah satunya dalam format ‘How 2024 Started / How 2024 Ended’. Jika Anda menekan tombol like pada artikel bertema akhir tahun, Anda akan melihat efek khusus.
Aplikasi meta-eksklusif ini juga menambahkan font khusus Tahun Baru dan efek teks hitung mundur ke cerita, gulungan, dan umpan. Pengguna yang sering mengirim DM juga dapat menggunakan tema khusus seperti ‘Winter Wonderland’, ‘New Year’ dan tentu saja ikon pesta Natal Mariah Carey, serta berbagai pesan dan catatan di DM seperti ‘Happy New Year’ akan ditampilkan sebagai spesial efek.
Berbicara tentang DM, Instagram juga menambahkan fitur baru yang memungkinkan pengguna menjadwalkan pengiriman DM. Fitur ini diluncurkan secara bertahap ke seluruh pengguna Instagram.
Untuk menjadwalkan pengiriman DM, ketuk tombol “Kirim” dengan ikon pesawat kertas, lalu pilih hari dan tanggal yang diinginkan untuk dikirim.
Pengguna Instagram bisa mengirim pesan hingga 29 hari. Instagram akan menampilkan spanduk yang menunjukkan jumlah pesan terjadwal. Perlu diperhatikan bahwa fitur penjadwalan ini hanya berlaku untuk pesan teks, jadi jika ingin mengirim foto, video, atau GIF harus mengirimkannya secara manual. Tonton video “Fitur Uji Coba Instagram Tidak Akan Lewati Iklan” (vmp/fay).