Jakarta –

Read More : KTO Targetkan 19.000 Kunjungan Wisata MICE RI ke Korea Tahun 2024

Pesawat terbang bukanlah teknologi yang relatif baru. Namun, masih banyak pertanyaan yang belum diketahui seputar pesawat tersebut. Salah satunya, kenapa pintu pesawat selalu di sebelah kiri?

Pesawat terbang telah berevolusi selama bertahun-tahun. Tapi, tahukah kamu? Cara menaikinya hampir tidak pernah berubah yaitu dari arah kiri. Mengapa demikian?

Melansir The Mirror pada Rabu (15/5/2024), redaktur pelaksana Aviation Historian Michael Oakley menjelaskan alasan menarik di balik hal tersebut.

Dia menjelaskan, pesawat komersil awalnya didesain dengan pintu penumpang di sebelah kiri, karena tradisi. Dulu, banyak istilah penerbangan yang dipinjam dari istilah kelautan. Sedangkan pintu kiri untuk efisiensi.

“Banyak terminologi penerbangan berasal dari pengetahuan maritim (kemudi, kabin, kokpit, gundukan, simpul, dll.), dan demikian pula, cara melakukan sesuatu dalam penerbangan berakar pada industri maritim,” jelas Afar.

“Seperti halnya kapal dan perahu yang mempunyai port side, sisi kapal yang biasanya berada di sebelah dermaga ketika berada di pelabuhan, begitu pula dengan pesawat terbang. Wajar jika masyarakat memutuskan untuk tetap menaiki kapal di sisi pelabuhan (atau kiri),” lanjutnya. . . .

Kapal didesain sedemikian rupa karena steering roller biasanya diletakkan di sisi kanan kapal. Jadi sudah biasa memuat penumpang dan barang di sisi yang berlawanan.

Tradisi ini kemudian digunakan pada pesawat terbang hingga United Airlines menggunakan pintu di sisi kanan pada tahun 1930an dan 1940an. Namun karena semakin banyak orang yang menggunakan pesawat untuk bepergian, akan lebih efisien jika semua penumpang naik di sisi yang sama dan menggunakan terminal yang sama.

“Karena pilot duduk di sebelah kiri, bandara dibangun dengan pintu di sebelah kiri sehingga pilot dapat menilai jarak ke pintu dengan lebih baik,” kata Matthew Burchett, kepala kurator Museum Penerbangan di Tukwila, Washington. menurut meteran

“Setelah bandara yang lebih kompleks dikembangkan, penumpang menggunakan jetways untuk langsung dari terminal ke pesawat, operasi darat jauh lebih mudah jika setiap pesawat memiliki hal yang sama menuju arah yang sama,” lanjutnya.

Selain itu, memungkinkan staf darat bandara bekerja lebih mudah dengan berjalan di sisi kanan pesawat menjauhi penumpang. Lihat “Kecelakaan pesawat kecil di Tennessee, AS, 3 orang tewas” (minggu/wkn)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *